Mediamaz Work

mediamaz work

Mediamaz Work

Member of Mediamaz Group

talent sourcing

Ketahui Apa Itu Talent Sourcing? Proses, Tantangan, Metode, dan Bagaimana Tipsnya

Menghadapi persaingan bisnis yang semakin kuat dibutuhkan talenta berkualitas agar bisnis berada di posisi teratas. Talent sourcing adalah strategi yang mulai banyak digunakan Human Resources untuk mencari talenta berkualitas. Talent sourcing tidak hanya langkah awal dalam rekrutmen, tapi strategi eksplorasi bakat-bakat berkualitas yang dapat mendukung persaingan bisnis.

Artikel terkait : Tips Untuk Membangun Budaya Perusahaan dengan Efektif

Untuk Anda seorang pengusaha atau profesional HR, rasanya wajib memahami strategi pencarian bakat-bakat berkualitas. Pastinya Anda tidak ingin kandidat berkualitas malah bekerja untuk pesaing, bukan? Artikel ini akan membahas dengan lengkap pengertian talent sourcing dan bagaimana strategi melakukannya hingga mendapatkan kandidat berkualitas. Simak sampai habis, ya!

Talent sourcing adalah serangkaian proses mencari, mengidentifikasi, meneliti, membangun jaringan, dan menghasilkan kandidat yang berkompeten atau potensial untuk membuat mereka tertarik melamar ke perusahaan Anda. Lebih jauh, talent sourcing bertugas untuk menghasilkan daftar kandidat potensial untuk mengisi posisi atau jabatan kosong di perusahaan.

Artikel terkait : Remote Work Outsourcing Apakah Efektif?

Tujuan utama dari talent sourcing adalah membangun basis data kandidat potensial yang dapat dihubungi ketika ada kebutuhan rekrutmen. Para pencari bakat ini akan berhubungan dengan kandidat pasif, yaitu seseorang yang sedang tidak mencari pekerjaan, tapi mempunyai kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan dan bersedia mencari peluang baru. Dalam upaya mencari bakat, tim internal rekrutmen perusahaan dapat bekerja sama dengan pihak ketiga seperti tenaga ahli pencari bakat (headhunter) untuk mempercepat prosesnya. Tenaga ahli pencari bakat berfungsi sebagai penyedia data mengenai calon karyawan, memfasilitasi penghubungan dengan calon yang berpotensi, dan mendukung perusahaan dalam memilih calon yang sesuai menjadi daftar calon terpilih.

Talent sourcing adalah tahap awal dalam proses rekrutmen. Kegiatannya adalah secara aktif mencari, mengidentifikasi, dan menarik kandidat potensial yang sesuai dengan kebutuhan untuk melamar di perusahaan. Sedangkan proses rekrutmen karyawan adalah tahap lanjutannya. Rekrutmen mencakup Langkah-langkah seperti seleksi, wawancara, penilaian, penawaran kontrak kerja, hingga menempatkan kandidat di posisi yang sesuai.

Artikel terkait : Tips Untuk Membangun Budaya Perusahaan dengan Efektif

Mencari bakat yang kompeten adalah proses yang penting untuk perusahaan manapun. Berikut adalah tahapan penting dalam melakukan talent sourcing:

1. Perencanaan

Talent sourcing dimulai dengan perencanaan yang jelas dalam mencari kandidat yang jelas. Misalnya, perusahaan menentukan situs rekrutmen yang paling baik dalam membantu perusahaan menemukan kandidat potensial.

2. Sourcing

Setelah perusahaan menemukan tempat yang baik mencari kandidat potensial, langkah selanjutnya adalah sourcing. Proses ini akan mengidentifikasi, menjangkau, dan membangun jaringan dengan kandidat potensial, yang mungkin mempunyai minat untuk menjadi pelamar aktif.

3. Penilaian

Langkah selanjutnya adalah menulis daftar kandidat yang sudah dipilih. Diproses ini, para pencari bakat akan menilai kandidat yang cocok untuk mengisi posisi di perusahaan. Penilaian tidak hanya dari kemampuan, tapi juga berdasarkan keselarasan kandidat dengan budaya dan nilai-nilai organisasi perusahaan.

4. Proses rekrutmen

Langkah selanjutnya adalah proses rekrutmen, yaitu proses wawancara dan penilaian lebih dalam kandidat. Jika memang sesuai, dapat melanjutkan ke tahapan negosiasi dan penandatanganan kontrak kerja.

5. Orientasi Kerja

Proses terakhir adalah orientasi kerja. Tahap ini kandidat yang terpilih akan mengenal rekan kerja barunya dan menyesuaikan diri dengan tanggung jawabnya.

Mencari kandidat dengan kualifikasi yang sesuai tentu tidak semudah membuka informasi lowongan pekerjaan. Jika perusahaan membuka lowongan, dengan sendirinya pelamar akan mengirimkan CV. Beda halnya dengan talent sourcing yang mengharuskan perusahaan lebih aktif mencari kandidat terbaik. Sebagai gambaran, berikut adalah tantangan proses talent sourcing dilakukan:

1. Sulitnya menemukan kandidat yang sesuai

Setiap perusahaan mempunyai kriteria karyawan yang diinginkan. Kriteria tersebut dibuat untuk menunjang kualitas kerja dan kesuksesan perusahaan. Namun, tidak semua kandidat yang ada, memenuhi kriteria yang diinginkan. Selalu ada satu atau dua hal yang tidak memenuhi kriteria. Perlu adanya nilai tengah agar pencari bakat mendapatkan, paling tidak, kandidat yang hampir memenuhi kriteria.

2. Persaingan dengan perusahaan lain

Tidak hanya perusahaan Anda yang ingin mendapatkan kandidat terbaik, ada puluhan perusahaan juga menginginkan kandidat terbaik. Banyak perusahaan bersaing untuk mendapatkan perhatian kandidat yang sama, terutama dalam industri yang sangat kompetitif.

3. Branding Perusahaan Yang Lemah

Tantangan ketiga ini, sangat dirasakan bagi perusahaan kecil dan masih berkembang. Talent sourcing akan sangat menantang bagi perusahaan kecil yang masih berusaha memposisikan diri mereka dalam pasar. Kondisi ini berpengaruh saat Anda mulai menjalin hubungan dengan kandidat. Jika branding Anda masih lemah, tentu kandidat akan berpikir dua kali untuk berhubungan lebih lanjut. Untuk perusahaan yang masih berkembang, perlu usaha lebih untuk mempromosikan dan meyakinkan kandidat. Tim pencari bakat harus meyakinkan kandidat bahwa, meskipun kecil, perusahaan ini merupakan tempat yang tepat untuk membangun karir.

Mempunyai metode talent sourcing yang efektif sangat penting untuk perusahaan manapun. Terlebih lagi, perusahaan tersebut ingin berinvestasi dengan cara merekrut talenta terbaik di bidangnya.

Berikut adalah metode talent sourcing yang dapat digunakan, agar Anda menemukan talenta terbaiknya:

1. Periksa kembali pelamar yang sebelumnya telah mendaftar

Saat melakukan pencarian bakat, tidak hanya satu kandidat yang dapat Anda temukan untuk mengisi kekosongan posisi. Ada kemungkinan banyak pelamar lain yang sebelumnya belum memenuhi syarat, tetapi mungkin akan cocok untuk rekrutmen di posisi lain di masa depan.

2. Situs pencarian kerja

Era internet saat ini, sudah banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan melalui situs pencarian kerja. Menyebarkan lowongan kerja di situs pencarian kerja adalah salah satu strategi untuk menarik lebih banyak pelamar.

3. Job Fair

Mencari bakat potensial melalui kegiatan offline, seperti job fair juga dapat Anda lakukan. Pada pameran kerja, selain dapat menemukan calon karyawan potensial, ini juga menjadi kesempatan untuk membangun citra perusahaan dan berkomunikasi secara langsung. Kedua aspek ini mungkin kurang terasa dalam interaksi virtual.

4. Inisiatif Mendekati Kandidat Pasif

Seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya, kandidat pasif adalah seseorang yang potensial, tetapi tidak dalam kondisi melamar atau mencari peluang baru. Pendekatan terhadap kandidat pasif mungkin memerlukan strategi yang berbeda daripada kandidat yang aktif.

Artikel terkait : Cara Buat CV yang Menarik Auto Dapet Kerja!

Mediamaz Work menyediakan layanan headhunter penerjemah, layanan outsourcing penerjemah, solusi perekrutan, konsultan SDM, pencarian kerja dan program pelatihan bahasa untuk penerjemah.

Membentuk badan hukum di bawah PT. Mediamaz Solusindo Nusantara. Mediamaz Work akan memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan yang Anda butuhkan, juga proses seleksi nya cepat dan mudah. 

Bagi anda yang masih bingung soal dunia bisnis Anda bisa dengan mudah mendapatkan informasi melalui laman sosial media Mediamaz Work.

Mediamaz Work adalah bagian dari Mediamaz Work dan telah berdiri sejak tahun 1998 di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara dan sudah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah.

Kualitas merupakan prioritas utama Kami dalam memberikan pelayanan jasa yang perusahaan Kami tawarkan. Sesuai dengan Sertifikasi ISO 9000 : 2015 yang merupakan dasar kontrol kualitas yang digunakan oleh perusahaan kami, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas layanan yang Kami berikan.

Selain itu Tim penerjemah kami tergabung dari beberapa organisasi besar, yakni Penerjemah Tersumpah, Penerjemah HPI, dan Penerjemah Freelance.

Profesional & Berpengalaman

Tim interpreter kami terdiri dari tim ahli bahasa yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam proyek terkait bahasa.

Akurat

Hasil terjemahan oleh tim interpreter kami dijamin 100% akurat dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Konsultasi Kapanpun

Sebelum melakukan pemesanan jadwal, Kamu bisa berkonsultasi dengan tim interpreter kami perihal kebutuhan acara.

Tanpa Biaya Tambahan

Kamu tidak perlu pusing lagi soal biaya, karena Kamu hanya perlu membayar jasa kami dan tidak perlu membayar biaya tambahan.

Menjadi Translator:

Hire Translator:

  • Outsourcing Translator & Interpreter
  • Headhunter Translator & Interpreter
  • Freelance Translator & Interpreter

Temukan 500+ Pekerjaan & Proyek Terjemahan:

  • Job Search Translator & Interpreter
  • Recruitment Translator & Interpreter
  • Consultant Translator & Interpreter
  • Join Our Translator & Interpreter Team
0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top