Mediamaz Work

mediamaz work

Mediamaz Work

Member of Mediamaz Group

Cara Buat CV yang Menarik Auto Dapet Kerja!

Banyak yang masih bingung gimana cara buat CV yang menarik dan memperoleh pekerjaan. Padahal CV atau Curriculum Vitae adalah langkah awal anda memperoleh pekerjaan.

Karena begitu pentingnya pembuatan CV, lebih baik anda menghabiskan banyak waktu untuk meriset dan membuat CV yang mampu menarik perhatian recruiter, sehingga anda bisa cepat mendapatkan pekerjaan.

Jika anda masih bingung bagaimana caranya membuat CV yang menarik dan cepat mendapatkan pekerjaan. Anda berada di tempat yang tepat, karena pada artikel ini. Saya akan mengupas tuntas tentang bagaimana cara buat CV yang menarik. Simak terus.

Kunjungi website mediamazwork.com atau kunjungi website blog mediamazwork.com/blog

Sebelum anda belajar bagaimana membuat CV yang mampu menarik perhatian recruiter, sudahkah anda memahami apa itu CV? Jika belum, mari kita mulai dari sini.

Melansir dari berbagai sumber, CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen yang berisi daftar riwayat hidup anda. Dalam dokumen tersebut memuat informasi seputar latar belakang, pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, prestasi dan informasi pribadi anda.

Sehingga pembuat CV yang komplek dan menarik akan memperbesar kemungkinan anda dalam memperoleh pekerjaan. Karena para recruiter memiliki gambaran bagaimana nantinya anda akan bekerja dan memiliki dampak bagi perusahaan kedepaannya.

Sertifikat Penerjemah

Jika di ibaratkan, kesan pertama yang anda timbulkan kepada recruiter adalah melalui CV tersebut. Nah, agar anda makin memahami apa itu CV, berikut adalah komppnen utamanya:

  1. Informasi Pribadi
    • Nama lengkap
    • Alamat
    • Nomor telepon
    • Alamat email
  2. Ringkasan
    • Berisikan biografi singkat mengenai diri anda. Biasanya berisi memuat gambaran umum diri, tujuan karir, pencapain yang anda raih.
  3. Pendidikan
    • Pada bagian ini berisi riwayat pendidikan anda. Anda bisa menuliskan secara detail keseluruhan atau pendidikan terakhir saja.
  4. Pengalaman kerja
    • Pada bagian ini berisi pengalaman kerja yang pernah anda jali. Sertakan pencapaian selama anda bekerja, sehingga recuiter bisa menilai kinerja anda.
  5. Keterampilan
    • Pada bagian ini berisi keterampilan khusus yang anda miliki. Entah itu kemampuan bahasa, keahlian yang sesuai dengan pekerjaan yang anda lamar, dan juga sertifikasi tertentu.
  6. Hobi dan Minat
    • Bagian ini sebetulnya opsional, beberapa orang mengisinya dengan hobi dan minat mereka terkait gambaran pribadi yang lebih lengkap.

Sekarang gimana? Sudah lebih paham dengan CV kan?

belajar bahasa inggris

Sekarang saatnya anda belajar bagaimana caranya membuat CV yang menarik. Karena dokumen yang akan anda buat adalah fase awal perkenalan dengan recruiter, sehingga penting bagi anda untuk memahami langkah-langkah berikut.

1. Singkat, padat, dan jelas

Agar anda memperoleh kesan pertama yang baik dengan recruiter, buatlah CV anda dengan singkat, padat dan jelas. Karena menurut The Guardian, CV yang bagus adalah CV yang singkat, padat, dan jelas sehingga tidak membingungkan recruiter.

Jadi, usahakan untuk membuat CV yang sesimple mungkin. Kalau bisa jangan lebih dari dua halaman. Input data-data yang paling penting ke dalam CV anda.

Pada bagian deskripsi diri usahakan tidak terlalu bertele-tele dan langsung pada pointnya. Karena para recruiter tidak memili waktu yang banyak untuk membaca satu per satu CV yang dikirimkan pelamar kerja. Bahkan sudah banyak yang menggunakan robot untuk menyeleksi CV-CV yang masuk.

2. Cantumkan Pengalaman yang Relevan

Era saat ini relevansi adalah pillar utama sukses dalam segala lini kehidupan. Oleh sebab itu, cantumkan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang anda lamar.

Sehingga anda memiliki poin lebih di mata recruiter, karena pengalaman yang anda cantumkan dengan posisi pekerjaan yang anda lamar. Karena bisa jadi perusahaan sedang membutuhkan kandidat yang memang memiliki pengalaman. Dengan begitu perusahaan bisa langsung memberikan beban pekerjaan yang berat kepada anda.

Bagi anda yang masih fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja profesional. Anda bisa mencantumkan hasi proyek mandiri anda sendiri, dan pengalaman selama anda berkualiah. Dengan begitu anda tidak mendapatkan penilaian yang kosong bagi recruiter.

Bootcamp Interpreter
bootcamp translator

Masih ingat dengan perkaatan saya sebelumnya. Bahwa saat ini juga sudah banyak perusahaan yang menggunakan mesin untuk menyeleksi CV yang paling relevan.

Coba anda bayangkan, bagaimana cara kerja mesin itu?

Yap! Algoritma. Sudah tentu mesin tersebut berdasarkan program yang telah diatur. Jadi untuk memenangkan persaiangan awal dalam tahap seleksi, anda harus memasukan kata kunci yang masih relevan dengan bidang pekerjaan yang anda lamar.

Disinilah pentingnya penempatan kata kunci yang tepat. Hasil dari CV yang anda optimasi untuk mesin seleksi dikenal dengan nama CV ATS Friendly.

Langkah selanjutnya ketika CV anda telah lolos seleksi mesin, maka kini saatnya recruiter yang bekerja. Karena recruiter ini merupakan manusia yang memiliki emosi. Jadi penting bagi anda untuk memasukan kata-kata yang powerfull ke dalam CV anda.

Sehingga anda bisa memenangkan hati dari recruiter dan lanjut ke tahapan berikutnya. Agak rumit yak? Tapi disinilah tantangannya.

Singkatnya seperti ini, memasukan kata kunci untuk mesin ATS. Sedangkan memasukan kata-kata yang powerfull untuk recruiter. Karena Top Universities pernah bilang kalau kata-kata yang dipilih dalam CV berpengaruh terhadap penilaian recruiter.

4. Periksa Tata Bahasa dan Penulisan

Apa jadinya kalau CV yang anda buat penuh dengan kesalahan tulis alias typo. Pasti gak ada recruiter yang bakal melirik CV kamu kan. Nah itu, point terpenting dalam pembuatan CV adalah penulisan.

Selain anda harus memeriksa penulisan kata dan jangan sampai ada kesalahan tulis. Anda juga harus memastikan hasil tulisan yang anda  buat mudah dimengerti.

Maksudnya begini.

CV tersebut nantinya akan diperiksa oleh manusia juga, jadi usahakan hasil cv tersebut menggunakan font yang mudah dibaca dan profesional. Selain itu ukuran font juga harus diperhatikan. Sehingga CV anda tidak dilewati begitu saja. Sangat disayangkan bukan, jika hasil kerja keras anda selama ini harus dilewatkan begitu saja karena kesalahan penulisan.

Agar anda terhindar dari kesalahan ini, gunakan font Times New Roman, Arial, atau Calibri dengan ukuran font 10 sampai 12. Jika anda menerapkan aturan tersebut, maka CV anda sudah terlihat profesional.

5. Jangan Lupa Mencantumkan Kontak Aktif

Langkah paling crusial yang sering dilupakan oleh para job seeker adalah lupa mencantumkan kontak aktif mereka. Sehingga ketika CVnya telah lolos di seleksi, recruiter kesulitan untuk menghubunginya karena kontak yang tidak aktif.

Jadi anda jangan sampai mengulangi kesalahan yang sama. Oleh sebab itu, pastikan dalam CV anda telah tercantum kontak aktif anda saat ini. Sehingga recruiter tidak kesulitan ketika ingin menghubungi anda kemudian hari.

belajar bahasa inggris

Sekarang anda udah paham gimana caranya bikin CV kan? Semoga cepet dapet kerja ya. Kalau udah punya CV yang menarik, jangan males buat lamar-lamar pekerjaan. Siapa tau ada disitu rejekinya.

Sebenernya bikin CV itu gak sulit, asalkan kamu ngerti konsepnya. Jadi bisa bikin CV yang paling powerfull buat menunjang impian bekerja kamu. Cuman kalau kamu masih bingung dan banyak pertanyaanya. Jangan ragu buat kabarin saya ya! Saya bakal ada 24/7 untuk anda.

bootcamp translator

Medimaz Work adalah lembaga outsourcing yang menyediakan berbagai kemudahan untuk anda meraih kesuksesan. Ingin switch career menjadi penerjemah atau interpreter bisa!

Apa yang ingin anda tingkatkan? Temukan jawabannya disini!

Menjadi Translator:

Hire Translator: 

  • Outsourcing Translator & Interpreter
  • Headhunter Translator & Interpreter
  • Freelance Translator & Interpreter

Temukan 500+ Pekerjaan & Proyek Terjemahan:

  • Job Search Translator & Interpreter
  • Recruitment Translator & Interpreter
  • Consultant Translator & Interpreter
  • Join Our Translator & Interpreter Team 

Navigasi Website :
Website Utama
Blog Mediamaz Work
Kontak
Cara Menjadi Translator
Cara Menjadi Interpreter
Sertifikasi Translator
Sertifikasi Interpreter
Hire Penerjemah
Outsourcing Penerjemah

Contoh CV ATS Friendly

Berikut adalah beberapa contoh dari CV yang pernah dibuat. Ada yang berdasarkan ATS Friendly dan tidak.

1. ATS Friendly
Contoh CV ATS
Source: Noveresume
Contoh CV ATS
Source: Noveresume
Contoh CV ATS
Source: Noveresume
Contoh CV ATS
Source: Noveresume
Contoh CV ATS
Source: Noveresume
0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top