Mediamaz Work

mediamaz work

Mediamaz Work

Member of Mediamaz Group

remote job

Apa Itu Remote Job? Pengertian, Manfaat Hingga Contoh nya

Pernahkah anda mendengar istilah remote job? Perkembangan teknologi memungkinkan untuk melakukan berbagai jenis pekerjaan tanpa harus pergi ke kantor atau tanpa menggunakan apa yang biasa disebut teleworking. Bekerja jarak jauh adalah alternatif yang baik bagi perusahaan dan karyawannya. Pekerjaan jarak jauh ini memungkinkan pekerja untuk bekerja dari mana saja, sehingga lebih fleksibel dan efisien dalam bekerja.

Jadi apa itu kerja jarak jauh dan apa bedanya dengan kerja jarak jauh? Yuk cari tahu pengertian, manfaat, jenis-jenis remote working dan cara melakukannya pada artikel berikut ini, ya! Buat kalian yang ingin mencoba berkerja yang bisa dilakukan secara online maupun jarak jauh, silahkan dibaca sampai habis ya.

Apa itu remote job?

Remote job adalah bekerja jarak jauh tanpa harus ke kantor. Kata remote sendiri dalam pekerjaan jarak jauh berarti “koneksi jarak jauh”. Dengan kata lain, pekerjaan ini bisa dilakukan meski dari jarak jauh.

Pekerja jarak jauh dapat menyelesaikan pekerjaannya menggunakan komputer atau laptop dengan koneksi Internet. Mereka juga dapat berkomunikasi dengan karyawan lain melalui panggilan telepon, konferensi video, atau pesan.

Dengan mengandalkan teknologi sepenuhnya, kerja jarak jauh juga mengurangi kebutuhan karyawan untuk berada di kantor. Mereka dapat melakukan tugas-tugas ini di rumah atau di mana pun mereka pergi.

Perbedaan work remote (WFA) dan WFH

Sistem kerja jarak jauh sering juga disebut dengan WFA atau work fromwhere yang artinya “bekerja dari mana saja”, termasuk di rumah. WFA sedikit berbeda dengan WFH atau bekerja dari rumah. Jadi apa yang berhasil dengan WFH?

WFH atau work from home merupakan sistem kerja yang hanya memperbolehkan karyawan untuk bekerja dari rumah. Istilah WFH sendiri baru mulai sering digunakan pascapandemi Covid-19, ketika masyarakat diimbau untuk mengurangi aktivitas sosial di luar rumah.

Jadi remote work atau WFA adalah bekerja dari mana saja, sedangkan WFH adalah bekerja dari rumah, apalagi karena adanya pandemi. Banyak perusahaan kini menawarkan pekerjaan yang dapat dilakukan dari jarak jauh serta pekerjaan yang dapat dilakukan dari jarak jauh.

Keuntungan Bekerja Jarak Jauh

Bekerja jarak jauh mempunyai beberapa keuntungan atau manfaat baik bagi karyawan maupun perusahaan

1. Kesehatan karyawan lebih terjaga

Pekerjaan yang dapat dilakukan secara jarak jauh dapat menghilangkan stres karyawan, terutama terkait perjalanan pulang pergi dan kemacetan lalu lintas. Terbebas dari rasa stres akibat kelelahan dan kondisi jalan tentunya akan berdampak positif terhadap kinerja karyawan.

2. Gaya hidup fleksibel

Bekerja jarak jauh membuat hidup lebih fleksibel karena tidak harus berada di kantor seharian. Setelah selesai bekerja, Anda bisa langsung melakukan aktivitas lain tanpa harus beraktivitas lagi.

3. Meningkatkan semangat kerja karyawan

Bekerja jarak jauh dapat meningkatkan semangat kerja karyawan. Hal ini dimungkinkan karena karyawan dapat terhindar dari gangguan pekerjaan yang terjadi di kantor. Oleh karena itu, karyawan dapat mencari inspirasi dan perspektif baru dalam bekerja.

Manfaat kerja jarak jauh bagi perusahaan

Ada beberapa manfaat yang bisa perusahaan dapatkan saat mempunyai karyawan yang bekerja nya dengan sistem remote

1. Membantu karyawan menjadi lebih proaktif

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hampir 74% pekerja suka berhenti dari pekerjaannya dan beralih ke pekerjaan yang dapat dilakukan dari jarak jauh . Selain itu, karyawan yang bekerja jarak jauh cenderung lebih proaktif dalam bekerja.

2. Produktivitas lebih tinggi

Selain lebih proaktif, karyawan jarak jauh akan bekerja lebih efektif karena tidak lelah di jalan. Peningkatan produktivitas ini tentu menjadi kabar baik bagi perusahaan.

3. Menghemat biaya operasional

Perusahaan yang memperbolehkan karyawan bekerja jarak jauh dapat menghemat biaya operasional seperti listrik, kertas, galon air, dan lainnya. Dana operasional yang dihemat dapat dialokasikan kembali untuk kebutuhan bisnis lainnya.

Contoh Remote Job

Berikut adalah beberapa contoh pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote. Simak beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan secara online atau jarak jauh di bawah ini!

1. Web Developer

Perancang web bertanggung jawab untuk membuat situs web yang menarik dan ramah pengguna. Meski disebut “desainer”, desainer web tidak hanya bertanggung jawab merancang tampilan web yang menarik. Tanggung jawab umum seorang desainer web adalah menggunakan bahasa pemrograman atau pengkodean untuk membuat situs web dan meningkatkan elemen desain.

2. Social media Manager

Manajer media sosial atau media sosial sering kali bekerja sebagai bagian dari tim pemasaran perusahaan. Dia bertanggung jawab menyiapkan anggaran untuk memasang iklan di jejaring sosial, memantau tren media sosial, dan mengelola seluruh jejaring sosial.

3. Desainer Grafis

Desainer grafis bertugas membuat grafik visual untuk materi pemasaran digital atau materi iklan cetak. Grafik visual yang dibuat dapat mengambil berbagai bentuk, seperti video, infografis, dan berbagai jenis gambar untuk postingan media sosial.

6. Recruiter

recruiter sering kali bekerja dalam tim HRD untuk mencari kandidat yang cocok untuk posisi terbuka. Selain itu, perekrut juga bertanggung jawab untuk menyaring dan mewawancarai kandidat, membuat penawaran, serta menegosiasikan gaji dan tunjangan.

7. Copywriter

Copywriter bertanggung jawab membuat konten unik untuk iklan, situs web, postingan blog, media sosial, atau skrip video. Pekerjaan ini termasuk pekerjaan yang dapat dilakukan secara jarak jauh karena hanya memerlukan kreatifitas, komputer dan koneksi internet.

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top