Mediamaz Work

mediamaz work

Mediamaz Work

Member of Mediamaz Group

manfaat bootcamp

Alasan Bahasa Mandarin Penting Dalam Dunia Kerja

Mandarin adalah bentuk bahasa Mandarin yang umum digunakan di Tiongkok daratan dan Taiwan. Populasi Tiongkok yang besar membuat bahasa tersebut semakin berguna untuk dipelajari. Saat ini bahasa Mandarin menjadi salah satu bahasa asing yang paling banyak digunakan di dunia setelah bahasa Inggris. Setidaknya seperlima populasi dunia, atau sekitar 1,3 miliar orang, menggunakan bahasa Mandarin untuk berkomunikasi satu sama lain.

Banyaknya penutur bahasa Mandarin membuat bahasa berusia 800 tahun ini semakin menarik untuk dipelajari. Belajar bahasa Mandarin dapat membawa banyak manfaat, mulai dari perluasan jaringan, perluasan kesempatan kerja, hingga membuka wawasan budaya.

Belajar bahasa Mandarin memiliki banyak manfaat, mulai dari peluang bisnis hingga memperluas wawasan budaya hingga berwisata dan studi lebih lanjut. Untuk informasi lebih lengkap mengapa Anda perlu belajar bahasa Mandarin, simak informasinya berikut ini!

Sejarah Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa tertua di dunia, diyakini mulai digunakan sebagai bahasa di Tiongkok utara pada masa Dinasti Jin dan Yuan pada tahun 1115. Bahasa Mandarin kemudian mulai digunakan oleh para penguasa Tiongkok. akhir Dinasti Ming (1368-1644), sebelum menjadi bahasa resmi istana Dinasti Qing (1644-1912).

Untuk membantu meningkatkan literasi bahasa Mandarin, pemerintah Tiongkok kemudian berupaya menyederhanakan aksara Tionghoa yang digunakan dalam tulisan pada tahun 1950. Versi sederhana ini kemudian banyak digunakan di Tiongkok, Singapura, Tiongkok Daratan, Malaysia, sedangkan Taiwan dan Hong Kong masih menggunakan tulisan Cina. sebelum disederhanakan.

Menariknya, meski sistem penulisannya rumit, tata bahasa Mandarin sebenarnya cukup sederhana dan mudah dipelajari, sehingga seseorang bisa mulai berbicara bahasa Mandarin dalam waktu yang cukup singkat.

 

Keuntungan Belajar Bahasa Mandarin

Banyak orang percaya bahwa belajar bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa asing yang paling penting untuk dipelajari, mengingat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika anda menguasai bahasa Mandarin.

1. Memperluas Kesempatan Kerja

Kemampuan menggunakan bahasa asing yang digunakan 1.3 milyar orang di dunia tentu saja menjadi salah satu keunggulan yang menarik perusahaan global yang sedang menjajaki kemungkinan usaha di Cina, salah satu negara adidaya dunia dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat. Tentu saja, kesempatan untuk bekerja di perusahaan Cina atau negara lain yang menggunakan bahasa Cina sebagai bahasa pengantar utama juga terbuka lebar.

2. Peluang menjalin hubungan dengan banyak orang di seluruh dunia

Bahasa Mandarin juga dapat memberikan banyak peluang untuk menjalin hubungan pribadi atau profesional dengan banyak orang di seluruh dunia yang menggunakan bahasa Mandarin sebagai bahasa pertama mereka di dunia.

3. Membuka gambaran umum tentang budaya Tionghoa

Mempelajari berbagai aspek budaya Tionghoa berusia ribuan tahun menjadi lebih mudah jika kita menguasai bahasa Mandarin. Akses terhadap berbagai bentuk hiburan, bacaan, dan musik dalam bahasa Mandarin pun semakin luas setelah mempelajari bahasa Mandarin.

4. Memudahkan bepergian dan belajar ke luar negeri

Karena bahasa Mandarin tidak hanya digunakan di Tiongkok tetapi juga di banyak negara lain di dunia, fasih berbahasa Mandarin dapat membantu Anda beradaptasi dengan mudah saat bepergian atau belajar di luar negeri. Menemukan tempat-tempat menarik yang jarang diketahui wisatawan lain akan lebih mudah jika Anda fasih berbahasa Mandarin.

5. Belajar bahasa Mandarin membantu melatih otak dan kreativitas

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa belajar bahasa Mandarin justru mendorong otak untuk bekerja lebih keras dibandingkan bahasa asing lainnya, seperti bahasa Inggris. Saat berbicara, penutur bahasa Inggris hanya menggunakan lobus temporal kiri, sedangkan penutur bahasa Mandarin menggunakan kedua lobus temporal. Selain itu, penguasaan aksara Tionghoa yang digunakan dalam teks juga dapat meningkatkan keterampilan motorik dan pengenalan visual sehingga mendorong peningkatan kreativitas

6. Jumlah penutur utama

Jika ditambah penutur asli dan non-pribumi, bahasa Mandarin adalah bahasa kedua yang paling banyak digunakan di dunia (1,3 miliar penutur asli). Banyaknya jumlah penutur bahasa Mandarin membuat mereka yang fasih berbahasa Mandarin bisa pergi ke negara mana pun yang menggunakan bahasa tersebut. Anda dapat menggunakan kemampuan Anda berbahasa Mandarin untuk menjalin pertemanan dan membangun hubungan.

7. Banyak Peluang Kerja

Belajar Bahasa Mandarin membuka banyak peluang kerja padahal baru di awal tahun 2019 ini, Tiongkok menjadi penanam modal terbesar kedua di negaranya. Dari total modal investasi di Indonesia, modal investasi Tiongkok menyumbang 16,8%, mencapai 4,7 miliar USD. Artinya, SDM berkualifikasi Mandarin di Indonesia akan sangat dibutuhkan.

Peluang emas ini bisa Anda manfaatkan dengan belajar bahasa Mandarin agar bisa mengungguli kandidat lain saat mencari pekerjaan nantinya. Perusahaan asing seringkali lebih tertarik untuk merekrut warga negara Indonesia yang memiliki kemampuan bahasa asing, tidak terkecuali Tiongkok. Jadi, yuk berusaha keras belajar bahasa Mandarin untuk memperluas kesempatan kerjamu ya.

8. Belajar Budaya dan Sejarah

Sejarah dan budaya Tiongkok yang luas dikenal dan dihargai di seluruh dunia. Keterampilan bahasa Mandarin akan membuat Anda belajar lebih dalam tentang kekayaan budaya Tiongkok. Misalnya dengan membaca novel dan cerita terkenal Tiongkok

Sertifikat Penerjemah

Rekomendasi Penerjemah Mandarin Terpercaya

kenapa kamu perlu penerjemah bahasa Mandarin? Untuk membantu anda menerjemahkan dokumen Mandarin secara lebih cepat, segara hubungi Mediamaz Scholar untuk membantu persiapan kuliah, pindah kerja, traveling, maupun keperluan lain, Penerjemah bahasa Mandarin di Mediamaz Work dapat memenuhi kebutuhanmu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top