Mediamaz Work

mediamaz work

Mediamaz Work

Member of Mediamaz Group

wawancara kerja luar negeri

Tips Wawancara Untuk Kerja di Luar Negeri, Siapkan Dari Sekarang!

Wawancara kerja merupakan salah satu proses yang paling umum dilakukan saat Hunters melamar kerja ke perusahaan luar negeri. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui beberapa tips wawancara kerja agar proses wawancara di perusahaan luar negeri yang kamu tuju bisa berjalan dengan lancar.

Artitek terkait : Berminat Mendirikan Startup? Begini Aturan Bantuan Dana Dari Pemerintah

Pada artikel ini, Schoters akan membahas beberapa tips wawancara kerja di perusahaan luar negeri, baik sebelum maupun saat wawancara berlangsung. Untuk itu, yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Sebelum Wawancara

Sebelum memulai wawancara perlu memperhatikan tips berikut:

1. Berlatih sebelum wawancara

Sebelum wawancara berlangsung, ada baiknya Hunters berlatih terlebih dahulu. Sebab, kamu bisa berlatih bagaimana cara menjawab pertanyaan dari recruiter dengan baik dan benar sehingga peluangmu untuk lolos jadi lebih besar.

2. Perhatikan penampilan

Mungkin, tips wawancara kerja ini terlihat sepele. Oleh karena itu, sebelum wawancara berlangsung, penting bagi Hunters untuk memerhatikan penampilan. Usahakan, pakai pakaian formal atau business attire agar penampilanmu terlihat lebih lebih rapi dan profesional.

3. Datang tepat waktu

Tips wawancara kerja ini juga penting dilakukan. Sebab, ketepatan waktu saat menghadiri wawancara kerja akan turut memengaruhi penilaian recruiter. Itu lantaran ketepatan waktu saat kamu menghadiri wawancara kerja akan menggambarkan tingkat kedisiplinan yang kamu miliki. Sebelum wawancara berlangsung, usahakan untuk datang tepat waktu. Minimal, 10 sampai 5 menit sebelum wawancara dimulai. Ini bertujuan untuk menghindari keterlambatan saat kamu melakukan wawancara kerja.

Saat wawancara hal yang perlu kamu ketahui adalah sebagai berikut:

1. Gunakan bahasa Inggris yang formal

Saat wawancara berlangsung, gunakan bahasa Inggris yang formal. Tips wawancara kerja ini penting dilakukan. Sebab, bahasa Inggris untuk wawancara kerja tentu berbeda dengan bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari. Biasanya, jenis bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris bisnis (English for business).

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mempelajari bahasa Inggris bisnis sebelum hari wawancara. Ini bertujuan agar saat wawancara kerja berlangsung, Hunters sudah bisa menggunakan bahasa Inggris formal untuk menjawab pertanyaan dari recruiter.

2. Perkenalkan diri dengan baik

Umumnya, pertanyaan pertama yang diberikan recruiter saat wawancara kerja berlangsung adalah mengenai latar belakang pelamar. Oleh karena itu, saat recruiter memberikan pertanyaan tersebut, perkenalkan diri kamu dengan baik. Saat memperkenalkan diri, mulailah dengan memperkenalkan nama panjang dan nama panggilan. Setelah itu, jelaskan juga latar belakang pendidikan dan pekerjaanmu sebelumnya. Kemudian, mulai jelaskan perihal domisili atau tempat tinggalmu saat ini.

Artikel terkait : Hal Yang Harus Dipahami Dalam Ekspansi Bisnis Kuliner Menjadi Lebih Mudah

3. Jelaskan kelebihan dan kekurangan diri dengan jujur

Selain latar belakang, recruiter biasanya juga sering menanyakan perihal kelebihan dan kekurangan diri kepada para pelamar. Itu bertujuan untuk mengetahui kepribadian yang dimiliki pelamar secara mendalam.

Untuk menjawab pertanyaan ini, coba jelaskan kelebihan dan kekurangan diri secara jujur. Saat menjelaskan kelebihan diri, coba jelaskan kelebihan yang membuatmu bisa memberi kontribusi lebih kepada perusahaan. Sementara itu, saat menjelaskan kekurangan diri, coba jelaskan juga cara Hunters mengatasi kekurangan tersebut.

4. Jelaskan pencapaian di pekerjaan sebelumnya

Tips wawancara kerja ini juga penting dilakukan. Sebab, biasanya, recruiter juga sering bertanya perihal pencapaian kamu di perusahaan sebelumnya. Itu bertujuan untuk mengetahui apa saja kontribusi yang telah Hunters berikan terhadap perusahaan sebelumnya.

Artikel terkait : Jurusan Sastra Tidak Harus Jadi Sastrawan! Berikut Prospek Kerja Jurusan Sastra

Oleh karena itu, saat menjelaskan pencapaian, coba jelaskan berdasarkan data dan fakta. Ini bertujuan agar penjelasan yang diberikan kepada recruiter jadi lebih terstruktur, meyakinkan, dan lebih komprehensif. Dengan begitu, peluang untuk lolos di perusahaan luar negeri impianmu bakal terbuka lebar.

5. Jelaskan mengapa kamu ingin melamar ke perusahaan tujuanmu

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, coba paparkan alasan konkret mengapa Hunters mau melamar ke perusahaan tujuanmu. Misalnya, dengan menjelaskan nilai-nilai perusahaan yang relevan dengan pengembangan diri dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penting bagi untuk melakukan riset mendalam terkait perusahaan yang menjadi tujuanmu.

6. Jelaskan skil yang relevan dengan posisi yang kamu lamar

Tips wawancara kerja yang satu ini juga penting dilakukan. Sebab, saat wawancara, recruiter biasanya juga sering menanyakan skil apa yang bisa memberi keuntungan bagi perusahaan mereka. Misalnya, melamar di posisi digital marketing. Maka, coba jelaskan skil yang tentunya relevan dengan posisi tersebut. Beberapa contohnya, seperti skil search engine optimization (SEO), skil social media management, ads, dan lain sebagainya.

7. Jelaskan kontribusi yang bisa kamu berikan kepada perusahaan

Saat wawancara kerja, recruiter biasanya juga bakal bertanya soal bagaimana pelamar berkontribusi di perusahaan mereka. Untuk menjawab pertanyaan ini, coba jelaskan bagaimana cara Hunters berkontribusi terhadap perusahaan melalui skil yang kamu punya. Misalnya, jika Hunters melamar di posisi digital marketing, coba jelaskan bagaimana kamu bisa meningkatkan penjualan, meningkatkan traffic website, atau meningkatkan brand awareness kepada masyarakat luas. Dengan begitu, recruiter bakal lebih paham bagaimana caramu berkontribusi terhadap perusahaan mereka.

Artikel terkait : Rekomendasi Ide Bisnis Tanpa Modal dan Bagaimana Cara Untuk Memulainya

Dengan mengikuti tips wawancara kerja di atas, persiapan wawancara kerja di perusahaan luar negeri yang dituju tentu akan lebih matang. Dengan begitu, kemungkinan Hunters untuk lolos juga makin terbuka lebar!

Mediamaz Work menyediakan layanan headhunter penerjemah, layanan outsourcing penerjemah, solusi perekrutan, konsultan SDM, pencarian kerja dan program pelatihan bahasa untuk penerjemah.

Membentuk badan hukum di bawah PT. Mediamaz Solusindo Nusantara. Mediamaz Work akan memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan yang Anda butuhkan, juga proses seleksi nya cepat dan mudah. 

Bagi anda yang masih bingung soal dunia bisnis Anda bisa dengan mudah mendapatkan informasi melalui laman sosial media Mediamaz Work.

Mediamaz Work adalah bagian dari Mediamaz Work dan telah berdiri sejak tahun 1998 di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara dan sudah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah.

Kualitas merupakan prioritas utama Kami dalam memberikan pelayanan jasa yang perusahaan Kami tawarkan. Sesuai dengan Sertifikasi ISO 9000 : 2015 yang merupakan dasar kontrol kualitas yang digunakan oleh perusahaan kami, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas layanan yang Kami berikan.

Selain itu Tim penerjemah kami tergabung dari beberapa organisasi besar, yakni Penerjemah Tersumpah, Penerjemah HPI, dan Penerjemah Freelance.

Profesional & Berpengalaman

Tim interpreter kami terdiri dari tim ahli bahasa yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam proyek terkait bahasa.

Akurat

Hasil terjemahan oleh tim interpreter kami dijamin 100% akurat dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Konsultasi Kapanpun

Sebelum melakukan pemesanan jadwal, Kamu bisa berkonsultasi dengan tim interpreter kami perihal kebutuhan acara.

Tanpa Biaya Tambahan

Kamu tidak perlu pusing lagi soal biaya, karena Kamu hanya perlu membayar jasa kami dan tidak perlu membayar biaya tambahan.

Menjadi Translator:

Hire Translator:

  • Outsourcing Translator & Interpreter
  • Headhunter Translator & Interpreter
  • Freelance Translator & Interpreter

Temukan 500+ Pekerjaan & Proyek Terjemahan:

  • Job Search Translator & Interpreter
  • Recruitment Translator & Interpreter
  • Consultant Translator & Interpreter
  • Join Our Translator & Interpreter Team
0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top