Mediamaz Work

mediamaz work

Mediamaz Work

Member of Mediamaz Group

jadi penerjemah bahasa jepang

4 Tips Jadi Penerjemah Bahasa Jepang

Jadi penerjemah Bahasa Jepang memang cukup banyak di lirik banyak orang, hal ini tak lepas karena jasa penerjemah Bahasa Jepang pun memiliki demand yang juga tinggi.

Menjadi salah satu negara maju, Jepang memiliki banyak budaya yang sangat menarik para perhatian dari mulai turis, mahasiswa hingga para pencari kerja.

Hal itu tidak lain tidak bukan karena budaya yang kental dengan kekayaan sejarah dan juga bahasa yang penuh dengan makna.

Nah, karena hal tersebut, banyak juga dokumen dokumen administrasi yang harus di siapkan dari atau pun menuju ke Jepang.

Gak pakai lama lagi, yuk kita ulas bareng-bareng apa saja sih tips jadi penerjemah Bahasa Jepang agar kamu bisa jadi translator bahasa Jepang yang handal!

Tips Jadi Penerjemah Bahasa Jepang.

jadi penerjemah bahasa jepang

Dengan banyaknya demand untuk translator atau penerjemah bahasa Jepang, profesi yang satu ini mulai banyak di lirik khususnya oleh para kaum milenial, nih!

Selain kamu bisa mempelajari bahasa Jepang yang penuh dengan makna dan juga sejarah dari Negeri Samurai ini, menjadi translator bahasa Jepang juga memiliki benefit gaji yang tidak kecil, lho!

Untuk rata-rata gaji atau fee translator Bahasa Jepang di Indonesia mencapai sekitar 7,5 juta – 10 juta rupiah.

Dan untuk range pekerjaannya pun cukup luas, tidak hanya menerjemahkan dokumen dokumen administratif yang bersifat formal, kamu juga mungkin bisa ditugaskan untuk menerjemahkan manga ataupun anime.

1. Pelajari Tentang Budaya Jepang

jadi penerjemah bahasa jepang

Tips pertama untuk jadi penerjemah bahasa Jepang yang pasti kamu harus mempelajari tentang seluk beluk budaya Jepang.

Sebagai seorang penerjemah bahasa Jepang, kamu juga harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang budaya Jepang.

Ini karena bahasa Jepang tidak hanya mencerminkan struktur linguistik, tetapi juga mempengaruhi budaya dan norma-norma masyarakatnya.

Misalnya, ketika kamu menerjemahkan buku mengenai kehidupan masyarakat Jepang, kamu harus memiliki pemahaman yang baik tentang budaya dan kebiasaan yang terkait dengan masyarakat Jepang.

2. Melatih Kemampuan Komunikasi

jadi penerjemah bahasa jepang

Seorang penerjemah bahasa Jepang kamu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Kemampuan ini sangat penting agar dapat memahami dengan baik makna dari teks asli agar pesan yang disampaikan tetap utuh saat diterjemahkan ke dalam bahasa target.

Oleh karena itu, penting buat kamu untuk memiliki keterampilan komunikasi yang baik, baik dalam berbicara maupun menulis.

Keterampilan komunikasi yang baik juga sangat membantu dalam berinteraksi dengan klien atau pembaca yang berbicara dalam bahasa Jepang.

Kamu dapat memulai dengan berlatih berbicara bahasa Jepang, dimulai dari kata-kata yang sederhana hingga yang lebih kompleks.

Dengan demikian, kamu akan familiar dengan berbagai variasi pengucapan dalam bahasa Jepang, yang sangat berguna saat Anda berkomunikasi.

Selain berlatih berbicara, kamu juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dengan menulis kata-kata, kalimat, atau cerita dalam bahasa Jepang.

Ini akan membantu kamu berlatih menggunakan huruf Hiragana, Katakana, dan Kanji.

Semakin sering kamu berlatih, kemampuan dasar berbahasa seperti membaca, menulis, mendengar, dan berbicara kamu pun akan semakin terasah dan terperinci.

3. Tips Jadi Penerjemah Bahasa Jepang: Melatih Teknik Menerjemah yang Benar

Untuk menjadi penerjemah bahasa Jepang yang berkualitas, penting bagi kamu untuk berlatih menggunakan teknik terjemahan yang tepat.

Penerjemahan yang baik dan mudah dipahami dapat dihasilkan melalui penerapan teknik-teknik yang benar.

Salah satu teknik terjemahan umum adalah penerjemahan kata per kata, yang cocok untuk teks dengan struktur kalimat sederhana, namun, teknik ini kurang efisien untuk teks dengan struktur kalimat kompleks.

Oleh karena itu, dalam dunia penerjemahan bahasa Jepang, terdapat beberapa klasifikasi teknik, seperti profesional, harfiah, komputer (CAT), interpretatif, dan administratif.

Setiap klasifikasi ini cocok untuk berbagai jenis dokumen, termasuk hukum, keuangan, medis, sastra, dan umum.

Untuk memenuhi syarat sebagai penerjemah bahasa Jepang yang baik, kamu dapat memulai dengan mengikuti kursus yang sesuai dengan tingkat kemampuan Kamu.

Teruslah berlatih dan perluas kosa kata bahasa Jepang kamu, karena hal ini merupakan kunci kesuksesan dalam dunia penerjemahan.

Selain itu, kamu juga dapat mengukur kemampuan bahasa Jepang Anda dengan mengikuti Tes Sertifikasi Nasional (TSN) yang disediakan oleh Himpunan Penerjemah Indonesia sejak tahun 2019.

Dengan mendapatkan sertifikat TSN, kamu dapat memulai karier sebagai penerjemah bahasa Jepang. Semoga sukses dalam perjalanan kamu!

4. Latih Kemampuan Bahasa Jepang Kamu

Persyaratan terakhir yang juga menjadi yang paling utama menjadi penerjemah bahasa Jepang adalah memiliki kemampuan bahasa Jepang yang memadai.

Kamu juga perlu menguasai berbagai istilah teknis, kata-kata slang, dan bahasa formal yang digunakan dalam bahasa Jepang.

Kmu dapat mengikuti kursus bahasa Jepang atau belajar secara mandiri melalui buku atau situs pembelajaran bahasa Jepang.

Terdapat juga berbagai program bootcamp atau pelatihan bahasa Jepang yang tersedia baik secara offline maupun online.

Selain memiliki keahlian dalam bahasa Jepang, seorang penerjemah juga harus memiliki kompetensi dalam tata bahasa dan kosakata bahasa Indonesia.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses penerjemahan dan membuatnya menjadi lebih efisien.

Oleh karena itu, dengan memahami dan menguasai tata bahasa Jepang dan bahasa Indonesia, Kamu akan siap untuk menerjemahkan berbagai jenis dokumen.

Nah, itu dia 4 tips jadi penerjemah bahasa Jepang yang sudah kita ulas untuk kamu!

Kalau kamu memang tertarik pada kultur dan bahasa Jepang, sepertinya profesi ini patut untuk kamu pertimbangkan ya!

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top