Mediamaz Work

mediamaz work

Mediamaz Work

Member of Mediamaz Group

5 Tips Interview Kerja Agar Diterima

Tips interview kerja ini pasti bisa buat kamu lebih percaya diri untuk menghadapi wawancara kerja di perusahaan idaman kamu!

Wawancara atau interview pekerjaan memang kadang menjadi hal yang menyeramkan, membayangkan pertanyaan-pertanyaan dari HRD dan juga takut tidak bisa menjawabnya sering kali muncul dalam bayangan para pelamar kerja.

Apakah kamu akan menjalani interview kerja dalam waktu dekat ini? Selain menyiapkan beberapa dokumen penting untuk keperluan interview, ada baiknya kamu juga menerapkan beberapa tips agar tetap tenang dan percaya diri saat interview kerja berlangsung.

Inilah beberapa tips interview kerja yang sudah kita rangkum buat kamu!     

Apa Sih Interview Kerja itu?

Tips Interview Kerja

Interview atau wawancara kerja merupakan salah satu proses yang harus dilalui oleh seseorang yang sedang mencari dan melamar suatu pekerjaan.

Proses ini biasanya membuat orang merasa gugup dan berdebar-debar di waktu yang bersamaan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang individu sebelum interview di sebuah perusahaan.

Wawancara bisa dilakukan oleh HRD perusahaan atau direkturnya langsung, tergantung bagaimana sistem suatu perusahaan diterapkan.

List Pertanyaan Yang Ditanyakan Saat Interview Berlangsung

Karena proses interview kerja ini melibatkan para pihak penting dari suatu perusahaan, tentu kamu akan merasa takut dan gugup saat akan melakukan interview kerja.

Oleh karena itu, kamu bisa mulai melakukan pencarian mengenai pertanyaan apa saja yang biasa ditanyakan saat interview kerja

Kamu pun bisa berlatih terlebih dahulu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, agar disaat interview kamu bisa menjawab dengan percaya diri dan lancar.

1. Pertanyaan Seputar Perusahaan

Pertanyaan seputar perusahaan adalah pertanyaan wajib yang akan ditanyakan oleh perusahaan kepada pelamar kerja.

Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa banyak informasi yang diketahui oleh kandidat mengenai perusahaan yang mereka minati tersebut.

Biasanya pertanyaan seputar perusahaan ini juga dapat mengkonfirmasi apakah kandidat tersebut benar-benar tertarik dan mencari tahu tentang perusahaan atau hanya sekadar iseng melamar saja.

Nah, kalau kamu memang benar-benar tertarik dengan perusahaan dan posisi yang kamu lamar, alangkah baiknya kamu riset terlebih dahulu.

  • Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini?
  • Dari mana kamu mengetahui perusahaan ini?
  • Apa yang ingin kamu capai di dalam perusahaan ini?
  • Hal apa yang memotivasi dirimu untuk melamar di perusahaan kami?
  • Jika kamu diterima, ide atau inovasi apa yang akan kamu berikan kepada perusahaan ini?

2. Tips Interview Kerja Agar di Terima: Pertanyaan Seputar Pengalaman dan Keahlian Pelamar

tips interview kerja

Pada bagian ini, perusahaan ingin lebih mengetahui pengalaman dan keahlian yang ada di dalam diri pelamar.

Perusahaan dapat mengidentifikasi bakat dari kandidat yang melamar, berikut ini adalah beberapa contoh pertanyaannya.

  • Bagaimana kamu dapat mendefinisikan dirimu dengan beberapa kata?
  • Apa nilai-nilai yang paling penting bagi kamu dalam kehidupan dan pekerjaan?
  • Bagaimana kamu menghadapi tantangan dalam pekerjaan sehari-hari?
  • Bagaimana kamu mengelola stres dan tekanan dalam lingkungan kerja?
  • Bagaimana kamu mengelola waktu dan mengatur prioritas dalam pekerjaan?
  • Bagaimana kamu dapat menyeimbangkan kehidupan kerja dan kehidupan pribadi?
  • Bagaimana kamu menghadapi kegagalan dan belajar dari pengalaman tersebut?
  • Bagaimana kamu dapat menunjukkan inisiatif dan kreativitas dalam pekerjaanmu?
  • Apakah kamu pernah memiliki pengalaman di dalam bidang yang sama?
  • Jobdesc apa saja yang kamu lakukan sebelumnya?
  • Hambatan apa yang seringkali menghambat dirimu dalam bekerja?
  • Apa yang memicu dirimu untuk keluar dari perusahaan sebelumnya?

3. Pertanyaan tentang kepribadian pelamar

tips interview kerja

Tentunya setiap perusahaan akan memikirkan mengenai kepribadian dari sang pelamar agar mereka mudah untuk beradaptasi dengan sistem kerja dan budaya perusahaan.

Kamu biasanya akan ditanyakan beberapa pertanyaan seperti berikut ini.

  • Coba ceritakan sesuatu tentang dirimu.
  • Sebutkan kelebihan dan kekurangan dari dirimu dalam melakukan pekerjaan.
  • Bagaimana rutinitas dan kebiasaan kerja dirimu sehari-hari?
  • Budaya kerja apa sih yang kamu terapkan?
  • Apakah kamu termasuk orang yang suka dibawa perasaan?

Tips Interview Kerja

tips interview kerja

Selain berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, kamu juga perlu memperhatikan beberapa persiapan lain, seperti latihan fisik dan mental.

Coba terapkan beberapa tips interview kerja ini untuk meningkatkan kesiapan dirimu saat interview.

1. Sebelum Wawancara Berlangsung

tips interview kerja

  • Persiapkan diri dengan baik: Pelajari tentang posisi yang kamu lamar dan tinjau kembali CV dan pengalaman kerja kamu. Jadi, pastikan kamu memahami persyaratan pekerjaan dan siap menjawab pertanyaan yang diberikan rekruter.
  • Latih pertanyaan umum seperti yang sudah dijelaskan diatas: Persiapkan jawaban untuk pertanyaan umum yang sering muncul dalam wawancara kerja, seperti “ceritakan tentang diri kamu” atau “apa kelebihan dan kelemahan kamu.” Siapkan jawaban kamu untuk memberikan jawaban yang relevan dan tepat untuk memperkuat kualifikasi dirimu.
  • Perhatikan penampilan dan sikap: gunakan pakaian yang sopan dan rapi. Jaga sikap tubuh yang positif, tunjukkan kepercayaan dirimu, dan berikan senyuman yang terbaik dan terhangat. Tatap mata pewawancara saat berbicara dan dengarkan dengan baik saat mereka berbicara.
  • Praktekkan wawancara kerja terlebih dahulu: Lakukan latihan wawancara dengan teman atau anggota keluarga. Berlatih menjawab pertanyaan secara verbal dan memperhatikan bahasa tubuh serta ekspresi wajah dirimu.

2. Saat Wawancara Berlangsung

  • Tunjukkan apa kelebihan dirimu: Jelaskan keterampilan, pengalaman, dan prestasi yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Sampaikan dengan jelas bagaimana kamu dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan.
  • Berikan beberapa contoh nyata untuk mendukung jawabanmu: Ketika menjawab pertanyaan, berikan contoh konkret dari pengalaman kerja atau proyek yang menunjukkan kemampuan dan pencapaian kamu. Ceritakan dari situasi, tindakan yang kamu ambil, dan hasil yang kamu capai.
  • Tanyakan beberapa pertanyaan saat interview berlangsung: Siapkan beberapa pertanyaan untuk ditanyakan kepada pewawancara tentang perusahaan, budaya kerja, atau tugas yang terkait dengan posisi yang kamu lamar. Karena hal ini menunjukkan minat dan kesiapan kamu dalam posisi tersebut.
  • Tunjukkan minat dan motivasi dirimu: Sampaikan dengan jelas keinginan dan motivasi kamu untuk bekerja di perusahaan tersebut. Berikan alasan yang kuat mengapa kamu tertarik dengan posisi yang kamu lamar dan bagaimana itu cocok dengan tujuan karirmu.
  • Jaga kepercayaan diri dan tetap tenang selama wawancara berlangsung: Jangan biarkan kecemasan menguasai dirimu. Jaga kepercayaan diri, bicaralah dengan jelas dan tenang. Jadi, jika kamu tidak mengerti pertanyaan yang dilemparkan, maka langsung mintalah penjelasan dengan sopan.

3. Setelah Wawancara Berlangsung

  • Follow-up setelah wawancara kerja: Setelah wawancara, kirimkan ucapan terima kasih kepada pewawancara melalui email atau surat digital. Hal ini menunjukkan apresiasi kamu terhadap kesempatan wawancara dan dapat meningkatkan kesan positif bagi dirimu.

Tips Interview Kerja oleh Mediamaz Work

Nah, itu dia beberapa tips wawancara kerja yang sudah kita rangkum untuk kamu!

Semoga bisa melancarkan interview kamu di perusahaan yang kamu idam-idamkan ya!

Di Mediamaz Work kita menyediakan layanan headhunter penerjemah, layanan outsourcing penerjemah, solusi perekrutan, konsultan SDM, pencarian kerja dan program pelatihan bahasa untuk penerjemah.

Kamu akan mendapatkan banyak tips and trick yang pastinya berguna banget untuk perkembangan karir kamu.

Mediamaz Work akan memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan yang kamu butuhkan, juga proses seleksi nya cepat dan mudah.

Untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan seputar penerjemah, kamu bisa langsung klik disini. 

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top