Mediamaz Work

mediamaz work

Mediamaz Work

Member of Mediamaz Group

tes kerja luar negeri

Jenis Tes Kerja di Luar Negeri Yang Paling Umum di Gunakan

Kalau kamu berencana untuk melanjutkan karir di luar negeri, salah satu hal yang harus kamu persiapkan adalah pelaksanaan tes. Ada beberapa jenis tes kerja di luar negeri yang paling umum dilakukan. Jenis tes kerja di luar negeri ini perlu kalian ketahui jika kamu ingin kerja di luar negeri. Sebab, pengetahuan akan jenis tes kerja di luar negeri bisa mempermudah kamu untuk melakukan persiapan yang matang. Lantas, apa saja, sih, jenis tes kerja di luar negeri yang paling umum dilakukan? Untuk mengetahui hal tersebut, yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Artikel terkait : Ketahui Berbagai Jenis Penerjemah Yang Perlu Diketahui!

Beberapa jenis kerja yang sering digunakan perusahaan untuk merekrut karyawan, salah satunya adalah:

1. Seleksi administrasi

Seleksi administrasi merupakan salah satu jenis tes kerja di luar negeri yang paling umum dilakukan. Pada tes ini, setiap pelamar akan diminta untuk mengirimkan beberapa dokumen yang disyaratkan oleh perusahaan, seperti CV, ijazah, kartu identitas, dan lain sebagainya.

Setelah semua dokumen dikirim, pihak perusahaan biasanya akan melakukan cross check terhadap semua dokumen tersebut. Jika sudah dinyatakan lengkap, maka pelamar bisa lanjut ke tes berikutnya. Namun, jika tidak lengkap, kemungkinan pelamar akan langsung ditolak oleh perusahaan karena gagal lolos seleksi administrasi.

Artikel terkait : Definisi Interpreter, Jenis, Serta Kegunaannya di Berbagai Bidang

Dengan kata lain, seleksi administrasi ini merupakan jenis tes kerja di luar negeri yang menentukan apakah pelamar berhak lanjut ke tahap berikutnya atau tidak. Sebab, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika pelamar gagal lolos seleksi administrasi, kemungkinan perusahaan akan langsung menolaknya.

2. Tes kemampuan bahasa

Selain seleksi administrasi, tes kemampuan bahasa juga menjadi jenis tes kerja di luar negeri yang paling diumumkan. Sebab, biasanya, ada beberapa perusahaan luar negeri yang mensyaratkan sertifikat kemampuan bahasa kepada para pelamarnya.

Tes kemampuan bahasa ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan bahasa yang dimiliki oleh pelamar. Ini diperlukan agar ketika pelamar sudah diterima kerja, mereka bisa berkomunikasi menggunakan bahasa negara tempat di mana mereka bekerja dengan baik.

Sebagai contoh, ketika Hunters melamar kerja ke Jepang, otomatis, sertifikat kemampuan bahasa yang diperlukan adalah sertifikat JLPT minimal N4. Contoh lainnya, ketika Hunters melamar kerja ke Jerman, sudah pasti sertifikat kemampuan bahasa yang diperlukan adalah sertifikat Goethe minimal B1. 

3. Tes kesehatan

Tes kesehatan atau medical check up merupakan jenis tes kerja di luar negeri yang bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan pelamar. Itu bertujuan untuk memastikan bahwa pelamar benar-benar dalam keadaan sehat dan bisa melakukan tugasnya dengan baik saat mereka telah diterima bekerja di suatu perusahaan.

Artikel terkait : Kamu Berminat Jadi Freelance Translator? Harus Tahu Syarat-Syaratnya Dong!

Pada tes ini, ada sejumlah pemeriksaan yang harus dilakukan. Beberapa di antaranya, seperti pemeriksaan riwayat medis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan tanda vital, pemeriksaan elektrokardiografi, pemeriksaan rontgen atau USG, pemeriksaan laboratorium, dan tes buta warna. 

4. Tes kemampuan intelektual

Tes kemampuan intelektual atau psikotes merupakan jenis tes kerja di luar negeri yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan intelektual pelamar. Sebab, kemampuan intelektual yang cukup sangat diperlukan agar pelamar bisa mengerjakan tugasnya dengan baik. Pada tes ini, biasanya, materi yang diujikan berupa tes numerik, tes kemampuan verbal, tes warteg, tes logika aritmatika, tes logika penalaran, tes logika gambar, dan masih banyak lagi.

5. Tes wawancara

Tes wawancara biasanya menjadi jenis tes kerja di luar negeri terakhir yang biasa dilakukan. Dengan kata lain, ketika pelamar sudah mencapai tahap wawancara, itu berarti, pelamar sudah berhasil melewati beberapa tahap tes sebelumnya.

Artikel terkait : 3 Daftar Perusahaan Interpreter Terpercaya di Indonesia

Kalau kamun berhasil melewati tahap tes wawancara, itu berarti, kamu sudah dinyatakan lolos dan berhak untuk mendapatkan penawaran kerja dari perusahaan luar negeri yang kamu tuju. Namun, jika tidak, itu berarti, kamu dinyatakan tidak lolos untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan luar negeri yang kamu incar.

Untuk menaklukan setiap jenis tes kerja di luar negeri di atas, tentu diperlukan persiapan yang matang. Oleh karena itu, pada bagian ini Schoters akan menjelaskan beberapa tips menaklukan tiap jenis tes kerja di luar negeri yang umum dilakukan.

1. Cari tahu informasi setiap jenis tes yang akan diujikan

Tips ini penting dilakukan. Sebab, dengan mengetahui tiap jenis tes yang akan diujikan, Hunters bisa lebih matang dalam melakukan persiapan.

Untuk informasi mengenai tiap jenis tes, Hunters bisa mencarinya di internet atau mungkin juga bisa menanyakan ke kerabat, keluarga, atau saudaramu yang pernah melamar kerja di luar negeri

2. Persiapkan diri dari jauh-jauh hari

Selain mengetahui informasi mengenai jenis tes kerja ke luar negeri dari berbagai sumber, tips ini juga penting dilakukan. Sebab, jika Hunters mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari, kemungkinan kamu untuk lolos di tiap jenis tes kerja ke luar negeri juga makin besar.

Untuk mempersiapkan diri, Hunters mungkin bisa meluangkan waktu 30 hingga 1 jam untuk mempelajari tiap jenis tes setiap harinya. Sebagai contoh, di hari Senin, pelajari tes kemampuan bahasa selama 30 menit hingga 1 jam. Kemudian, lanjut lagi di hari berikutnya untuk mempelajari jenis tes lain dengan durasi waktu yang sama

3. Jangan lupa berdoa

Tips terakhir yang perlu Hunters lakukan untuk menaklukan semua jenis tes kerja di luar negeri adalah berdoa. Sebab, ada pepatah mengatakan “Berusaha tanpa berdoa sama dengan sombong”. Itu berarti, selain berusaha, kamu juga harus berdoa agar diberikan kemudahan oleh Yang Maha Kuasa dalam mengerjakan semua jenis tes kerja di luar negeri yang akan diujikan.

Artikel terkait : Perbedaan Sistem Belajar di Indonesia dan Luar Negeri

Mediamaz Work menyediakan layanan headhunter penerjemah, layanan outsourcing penerjemah, solusi perekrutan, konsultan SDM, pencarian kerja dan program pelatihan bahasa untuk penerjemah.

Membentuk badan hukum di bawah PT. Mediamaz Solusindo Nusantara. Mediamaz Work akan memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan yang Anda butuhkan, juga proses seleksi nya cepat dan mudah.

Bagi anda yang masih bingung soal dunia bisnis Anda bisa dengan mudah mendapatkan informasi melalui laman sosial media Mediamaz Work.

Mediamaz Work adalah bagian dari Mediamaz Work dan telah berdiri sejak tahun 1998 di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara dan sudah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah.

Kualitas merupakan prioritas utama Kami dalam memberikan pelayanan jasa yang perusahaan Kami tawarkan. Sesuai dengan Sertifikasi ISO 9000 : 2015 yang merupakan dasar kontrol kualitas yang digunakan oleh perusahaan kami, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas layanan yang Kami berikan.

Selain itu Tim penerjemah kami tergabung dari beberapa organisasi besar, yakni Penerjemah Tersumpah, Penerjemah HPI, dan Penerjemah Freelance.

Profesional & Berpengalaman

Tim interpreter kami terdiri dari tim ahli bahasa yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam proyek terkait bahasa.

Akurat

Hasil terjemahan oleh tim interpreter kami dijamin 100% akurat dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Konsultasi Kapanpun

Sebelum melakukan pemesanan jadwal, Kamu bisa berkonsultasi dengan tim interpreter kami perihal kebutuhan acara.

Tanpa Biaya Tambahan

Kamu tidak perlu pusing lagi soal biaya, karena Kamu hanya perlu membayar jasa kami dan tidak perlu membayar biaya tambahan.

Menjadi Translator:

Hire Translator:

  • Outsourcing Translator & Interpreter
  • Headhunter Translator & Interpreter
  • Freelance Translator & Interpreter

Temukan 500+ Pekerjaan & Proyek Terjemahan:

  • Job Search Translator & Interpreter
  • Recruitment Translator & Interpreter
  • Consultant Translator & Interpreter
  • Join Our Translator & Interpreter Team
0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top