Mediamaz Work

mediamaz work

Mediamaz Work

Member of Mediamaz Group

perusahaan jepang di indonesia

Daftar Perusahaan Jepang Yang Populer di Indonesia

Perusahaan Jepang di Indonesia mempunyai perkembangan yang cukup pesat. Perkembangan investasi Jepang ke Indonesia sudah berlangsung sejak tahun 1960-an setelah kedua negara menandatangani perjanjian kerja sama ekonomi. Keputusan Jepang memberikan investasi ke Indonesia tentu karena banyak faktor yang memungkinkan. Karena untuk mendirikan perusahaan, Jepang tidak memadai dari segi lahan dan kemungkinan gempa setiap saat. Untuk itu ada banyak sekali perusahaan asal Jepang di Indonesia yang sudah berdiri sejak lama, dan mulai bertambah ke setiap sektor yang berbeda. Adanya perusahaan-perusahaan tersebut membawa perubahan untuk kedua belah negara, khususnya Indonesia.

Artikel terkait : 3 Daftar Perusahaan Interpreter Terpercaya di Indonesia

Banyaknya perusahaan saat ini membawa perubahan, salah satunya menyediakan banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia. Membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, dan sebagainya.

Investasi ke luar negeri menjadi salah satu faktor penting pada sistem ekonomi yang semakin mengglobal. Hal mendasar yang membuat Jepang berinvestasi ke Indonesia adalah keterbatasan lahan. Kondisi geografis Jepang lebih banyak pegunungan, 77 merupakan pegunungan dan perbukitan. Daerah pegunungan mencapai 70% dari wilayah keseluruhan, sehingga daratan nya tidak mencukupi sedangkan mayoritas penduduk bermukim di daratan.

Mengutip dari ekonomibisnis, Tommy Bastami selaku Managing Partner of Strategis Advisory Coldwell Banker mengungkapkan alasan jepang berekspansi ada 4, yakni:

  • Potensi return pengembang properti di Indonesia jauh lebih besar dari pada Jepang
  • Investasi di Indonesia lebih murah ketimbang menanam modal di negara sendiri
  • Ceruk pasar dari ekspatriat Jepang di Indonesia cukup besar, menjadi sangat potensial untuk mengarah pada segmen sewa
  • Reputasi pengembang Jepang di Indonesia sudah terjamin dari segi kualitas produk maupun penyelesaian proyeknya

Artikel terkait : Tips Wawancara Untuk Kerja di Luar Negeri, Siapkan Dari Sekarang!

Selain Jepang mulai berekspansi dalam industri real estat di Indonesia, berikut ini alasan umum mengapa Jepang mulai berinvestasi, antaranya:

  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional
  • Pembangunan ekonomi terus berkelanjutan
  • Kemampuan daya saing dunia usaha nasional terus meningkat
  • Kapasitas dan kemampuan teknologi nasional ikut meningkat
  • Mendorong pengembangan ekonomi kerakyatan
  • Mengolah ekonomi nasional potensial menjadi kekuatan ekonomi riil menggunakan dana yang berasal dari dalam negeri maupun sebaliknya
  • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  • Menciptakan lapangan pekerjaan

Keberadaan produk-produk brand Jepang di Indonesia memang sudah tidak asing lagi. Ada banyak jenis produk yang masyarakat gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya di Indonesia, Produk buatan perusahaan Jepang ini juga familiar di negara lain. Khususnya: produk makanan, kecantikan, elektronik, otomotif dan masih banyak lagi. Berikut ini brand Jepang yang populer di Indonesia, sebagai berikut:

1. Brand Kecantikan

 

Surga bagi para kaum hawa, produk-produk ini menjawab keresahan para perempuan bagaimana caranya merawat tubuh, wajah dan lainnya. Beragam brand sudah masuk ke pasar Indonesia, seperti:

  • Biore
  • Skin Aqua
  • SK-II
  • Shu Eumura
  • Kanebo
  • Canmake
  • Shiseido
  • Cle de Peau Beaute
  • Koji
  • K-Palette
2. Produk Fashion

 

Tidak hanya terkenal dengan produk-produk kecantikan, Jepang juga mempunyai brand fashion yang tidak kalah populer dan sudah berekspansi ke berbagai negara. Beberapa produk fashion Jepang yakni:

  • Uniqlo
  • Undercover
  • CDG
  • United Arrows
  • Beauty & Youth
  • Spick & Span
  • Jouetie
3. Brand Elektronik

Kepiawaian Jepang dalam memproduksi sebuah produk memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Produk-produk elektronik buatan perusahaan Jepang sudah mendominasi di Indonesia sampai saat ini. Mulai dari Televisi, AC, Kulkas dan sebagainya. Brand elektronik tersebut, antara lain: Panasonic, Toshiba, Nikon, Canon, Sharp, Sony,Fujifilm, Sanyo, Fujitsu dan Casio.

Sebagai salah satu wujud mendorong perekonomian negara dan tentunya menambah lapangan pekerjaan untuk masyarakat Indonesia. Menurut data sensus tahun 2006, ada lebih dari 700 perusahaan Jepang sudah berdiri di Indonesia. Mulai dari industri otomotif, teknik, sistem IT, makanan&minuman, kecantikan, medis dan sebagainya.

Artikel terkait : 3 Daftar Perusahaan Interpreter Terpercaya di Indonesia

Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM menyatakan pada tahun 2019 Jepang berada dalam posisi ketiga berinvestasi di Indonesia. Nilai investasi yang Jepang keluarkan sebanyak US$4.31 miliar dengan jumlah proyek sebanyak 3.853. Melansir dari situs Kemenperin, Ketua BKPM mengatakan, peningkatan investasi Jepang di Indonesia terutama berasal dari produsen otomotif, seperti Nissan, Toyota dan Daihatsu. Beberapa perusahaan Jepang yang berinvestasi di Indonesia, yaitu:

1. PT. Astra Honda Motor

Perusahaan yang bergerak pada bidang manufaktur, perakitan, dan distributor sepeda motor merek Honda. Serta menjadi satu-satunya di Indonesia yang mempunyai hak sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) sepeda motor Honda. Kantor pusat berlokasi di Jl. Laksda Yos Sudarso, Sunter, Jakarta Utara.

Sejarah 

Sebagai pelopor industri sepeda motor di Indonesia, PT Astra sudah beroperasi sejak 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor. Tipe sepeda motor pertamanya yakni tipe bisnis, S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc. Seiring berkembangnya kondisi perekonomian dan tumbuhnya pasar sepeda motor PT. Astra memiliki fasilitas sebanyak 4 pabrik perakitan. PT. Honda bertranformasi sebagai perusahaan Jepang yang sukses di Indonesia karena memiliki kapasitas produksi sebanyak 5,8 juta unit sepeda motor pertahunnya. Pada tahun 2015, PT Astra Honda Motor mencapai produki ke 50 juta pada tahun 2015. Prestasi tersebut menjadi yang pertama dalam industri motor di Indonesia bahkan tingkat ASEAN.

Produk dari PT. Astra Honda Motor

Berikut ini daftar sepeda motor yang bisa Anda jumpai secara reguler melalui dealer resmi di Indonesia:

Matic

ADV, Beat, Genio, PCX, Scoopy, Vario.

Bebek

Revo, Supra GTR, Supra X.

Sport

CB150 Verza, CB150R Steetfire, Honda CB150X, CBR150R, CRF150L dan Honda Sonic 150R.

2. PT. Ajinomoto Indonesia

味の素株式会社 (baca: Ajinomoto Co., Inc) adalah sebuah perusahaan Jepang yang memproduksi bumbu masak, minyak, makanan dan farmasi. Saat ini sudah memproduksi sekitar 33% monosodium glutamat dunia. Perusahaan ini sudah berekspansi ke 23 negara dan daerah di dunia. Mempekerjakan sekitar 24.861 orang (2004) dengan pendapatan tahunan sebanyak US$9,84 miliar.

Awal mula berdiri

Salah satu negara yang menjadi bagian dari ekspansi nya adalah Indonesia. Sudah ada sejak tahun 1969 di Mojokerto memiliki luas 35 hektar. Mojokerto Factory ini mulai beroperasi pada tahun 1970 dan menghasilkan produk MSG bernama Ajinomoto. Banyaknya permintaan pasar internasional terhadap produk MSG AJI-NO-MOTO, pada tahun 1987 mendirikan PT AJINEX INTERNASIONAL yang bertugas memproduksi Ajinomoto. Keduanya berlisensi di bawah AJINOMOTO Co., Inc., Jepang sebagai perusahaan pertama yang memproduksi penyedap rasa sejak 1909. Dengan filosofi “Eat Well, Live Well” PT. Ajinomoto Indonesia menciptakan produk terbaik untuk keluarga Indonesia.

Hasil produk 

AJI-NO-MOTO, Masako, Sajiku, Saori, Mayumi, Yum Yum Mi Instant, AJI-PLUS & EKICHO. Produk lainnya yakni: Dashiplus, Neriplus, Ebiplus, Amamiplus,Baksoplus, Ajimate dan AJI-AROMA.

3. PT. Glico Indonesia

Ezaki Glico Co., Ltd adalah perusahaan makanan jepang yang berkantor pusat di Nishiyodogawa-ku, Osaka. Memproduksi berbagai makanan dan minuman ringan. Glico sendiri berasal dari kata “glikogen”. Permen pertama yang berasal dari produksi perusahaan ini adalah Karamel Glico. Logo yang terkenal adalah seorang atlit pelari dalam perlombaan menuju garis finish sebagai perlambang anak sehat.

Kumpulan Produk Glico

Beberapa produk yang telah diproduksi dan beredar di pasaran:

Makanan ringan

Pocky, Pretz, Almond Chocolate, Caplico, Bisco dan Karujaga.

Es Krim

Giant Cone, Panapp, Papico,Frost Bite, J-Cone, Waku-waku, Haku, Pocky Green Tea. Pocky Chocolate serta Ice no mi.

Makanan Olahan

Ni dan Juku Curry, Curry Zeppin, Donburi-tei.

4. Otsuka Indonesia

大塚製薬株式会社 atau Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd adalah perusahaan farmasi yang berkantor pusat di Tokyo, Osaka, dan Naruto, Jepang. Berdiri sejak 10 Agustus 1964. Tahun 2010, Otsuka Holdings Co resmi melantai di Bursa saham Tokyo melalui penawaran umum. Dulu perusahaan ini menjadi produsen obat dengan penjualan terbesar kedua di Jepang. Memiliki cabang sebanyak 69 yang tersebar di seluruh dunia, Otsuka Pharmaceutical tidak hanya berfokus pada bidang farmasi, tetapi mulai memproduksi makanan dan minuman.

Latar Belakang 

Selang 10 tahun dari pendirian Otsuka Pharmaceutical, PT. Otsuka Indonesia berdiri sebagai perusahaan patungan bidang industri dengan Otsuka Pharmaceutical Jepang. Berlokasi di Lawang, Jawa Timur. Memproduksi dan memasarkan produk-produk farmasi, seperti: Cairan infusi atau injeksi dan obat etikal, maupun produk nutrisi untuk keperluan medis. Serta produk-produk alat kesehatan.

Artikel terkait : Dampak Remote Work Untuk Sumber Daya Manusia

Produk tersebut sudah berhasil menembus pasar farmasi serta memiliki reputasi terbaik di Indonesia. Alat-alat kesehatan sudah memenuhi persyaratan standarisasi CPOB, CPAKB dan CPPOB. Keberhasilan tersebut berbuah manis dengan mendapatkan sertifikasi ISO 9001 untuk sistem manajemen mutu. ISO 22000 untuk sistem manajemen keamanan pangan, ISO 14001 sistem manajemen lingkungan. ISO 50001 untuk sistem manajemen energi, sertifikat halal serta sertifikat AEO untuk kepabeanan ekspor & impor.

Obat-Obatan Produk Otsuka Indonesia

Blood Transfusion Set,Infusion Set, Otsucath, Otsu-y set, Oi Nutri Bag, Abilify, Meptin, Mucosta, Pletaal. Berikutnya Samsca, Ubit,Pocari Sweat dan Oronamin C.

5. Toyota Astra Motor

Biasa disingkat TAM merupakan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mobil toyota dan Lexus di Indonesia. Berbentuk atas Joint Venture antara PT. Astra International Tbk dengan persentase saham 50% dan Toyota Motor Corporation 50%. Sudah beroperasi sejak 2 April 1971, dulu perusahaan ini hanya sebagai importir kendaraan. Satu tahun kemudian sudah berfungsi sebagai distributor. Tahun 1989, TAM melakukan merger bersama tiga perusahaan, yakni: Multi Astra, Toyota Mobilindo dan Toyota Engine Indonesia.

Jaringan Distribusi

Dalam mendukung penjualan dan memberikan layanan purna jual, TAM bekerja sama dengan 5 dealer utama yang membawahi dealer-dealer lainnya tersebar di Indonesia. Data tahun 2005 menjelaskan sebanyak 181 outlet dan 101 bengkel resmi sudah beroperasi di Indonesia. Dealer utama PT. Toyota Astra Motor antara lain: Auto2000, Nasmoco,PT. Hadji Kalla, PT. Hasjrat Abadi, Agug Automall. Lalu Dunia Barusa, Perintis Perkasa,Krida Dinamik Autonusa dan Anzon Auto Plaza.

Mobil-Mobil Hasil dari PT. Toyota Indonesia

Beberapa produk dari Perusahaan ini yang sudah tersebar luas di kalangan masyarakat

Hatchback

Starlet, Yaris, Etios, Agya.

Sedan

Soluna, Vios, Corolla, Camry.

Sport

GR Supra, GR Yaris.

MPV

Kijang Innova, Avanza, Veloz, Alphard, Vellfire, Sienta, Calya, Voxy.

SUV

Fortuner, Rush, Land Cruiser, Cross, Raize.

Truk dan Kendaraan Niaga

Dyna, Hilux, HiAce.

Artikel terkait : Alasan Kenapa Harus Mengikuti Khursus Bahasa Inggris Online

Mediamaz Work menyediakan layanan headhunter penerjemah, layanan outsourcing penerjemah, solusi perekrutan, konsultan SDM, pencarian kerja dan program pelatihan bahasa untuk penerjemah.

Membentuk badan hukum di bawah PT. Mediamaz Solusindo Nusantara. Mediamaz Work akan memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan yang Anda butuhkan, juga proses seleksi nya cepat dan mudah.

Bagi anda yang masih bingung soal dunia bisnis Anda bisa dengan mudah mendapatkan informasi melalui laman sosial media Mediamaz Work.

Mediamaz Work adalah bagian dari Mediamaz Work dan telah berdiri sejak tahun 1998 di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara dan sudah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah.

Kualitas merupakan prioritas utama Kami dalam memberikan pelayanan jasa yang perusahaan Kami tawarkan. Sesuai dengan Sertifikasi ISO 9000 : 2015 yang merupakan dasar kontrol kualitas yang digunakan oleh perusahaan kami, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas layanan yang Kami berikan.

Selain itu Tim penerjemah kami tergabung dari beberapa organisasi besar, yakni Penerjemah Tersumpah, Penerjemah HPI, dan Penerjemah Freelance.

Profesional & Berpengalaman

Tim interpreter kami terdiri dari tim ahli bahasa yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam proyek terkait bahasa.

Akurat

Hasil terjemahan oleh tim interpreter kami dijamin 100% akurat dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Konsultasi Kapanpun

Sebelum melakukan pemesanan jadwal, Kamu bisa berkonsultasi dengan tim interpreter kami perihal kebutuhan acara.

Tanpa Biaya Tambahan

Kamu tidak perlu pusing lagi soal biaya, karena Kamu hanya perlu membayar jasa kami dan tidak perlu membayar biaya tambahan.

Menjadi Translator:

Hire Translator:

  • Outsourcing Translator & Interpreter
  • Headhunter Translator & Interpreter
  • Freelance Translator & Interpreter

Temukan 500+ Pekerjaan & Proyek Terjemahan:

  • Job Search Translator & Interpreter
  • Recruitment Translator & Interpreter
  • Consultant Translator & Interpreter
  • Join Our Translator & Interpreter Team
0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top