Mediamaz Work

mediamaz work

Mediamaz Work

Member of Mediamaz Group

pengertian coworking space

Mengenal Co-Working Space Yang Sering Digunakan Para Pekerja Hybrid dan Remote

Di era yang serba modern ini, bekerja di berbagai tempat tanpa balasan waktu sudah menjadi tren tersendiri. Ya, orang yang bekerja secara remote maupun hybrid kini menjadi pilihan utama karena fleksibilitas dalam memilih tempat bekerja dan kapan waktu untuk bekerja. Di sinilah coworking space memainkan perannya sebagai solusi untuk hal-hal di atas. Namun tidak sedikit orang yang belum memahami pengertian coworking space? Untuk memahami lebih jauh apa itu konsep coworking dan bagaimana hal ini bisa menguntungkan untuk jadi pilihan Anda, di bawah ini adalah penjabaran mengenai coworking space.

Pengertian Coworking Space

Secara khusus, ruang coworking memiliki karakter di mana semua fasilitas, layanan dan peralatan yang ada di dalam ruang kerja khusus ini digunakan secara bersama-sama. Namun, seiring berjalannya waktu, coworking space bukan lagi sekadar tempat untuk bekerja. Tempat kerja bersama ini kini memiliki definisi yang lebih luas, yaitu sebagai pusat komunitas dan kolaborasi, sekaligus menjadi ruang sosial di mana  para pekerja dari berbagai latar belakang bisa datang bersama, berbagi pengetahuan dan keahlian, sekaligus menciptakan ide-ide baru.

Bahkan, ruang coworking kini banyak dijadikan pilihan perusahaan besar untuk memangkas biaya atas penggunaan ruang kantor yang tidak terpakai. Selain itu, ruang kerja bersama juga menjadi tempat yang nyaman bagi pekerja remote untuk terus bertemu dan berkolaborasi dengan rekan kerja tanpa harus melakukan perjalanan terlalu jauh.

Keuntungan Menggunakan Coworking Space

Definisi mengenai apa itu coworking space memang menarik. Tapi, adakah keuntungan memilihnya dibandingkan bekerja di tempat bekerja konvensional yang sudah disediakan perusahaan? Bagi perusahaan maupun startup, keuntungan utama bekerja di coworking space ada pada sifatnya yang fleksibel, terutama dalam hal anggaran. Menyewa ruang coworking untuk karyawan tentunya jauh lebih fleksibel dan lebih murah dibanding harus menyewa kantor.

Bagi pekerja remote, fleksibilitas yang didapat adalah Anda tidak perlu berada di kantor untuk bekerja, karena Anda bisa berada di mana saja. Banyak sekali coworking space yang berlokasi di dalam mall. Lokasi ini menjadi populer karena banyaknya variasi tempat untuk makan siang. Dan hanya beberapa langkah dari berbagai pilihan tempat untuk bersantai selepas jam kerja.

Keuntungan lain adalah rasa menjadi bagian dari komunitas. Ada rasa kebersamaan yang terjalin di antara para pekerja remote dan hybrid, meski berasal dari latar belakang yang berbeda. Berada di dalam komunitas memungkinkan “anggota” di dalamnya bisa saling berinteraksi satu sama lain, berkolaborasi, untuk mencapai target yang ada. Bahkan, ketika Anda memiliki begitu banyak orang yang memiliki banyak kesamaan, hanya masalah waktu sampai Anda mulai membangun jaringan dan peluang baru secara alami.

Anda akan jauh lebih kreatif ketika berada di sekeliling orang lain. Berada di ruang yang sama dengan pekerja yang memiliki energi positif juga bisa meningkatkan produktivitas.

 

Hal Yang Tidak Anda Dapatkan di Ruang Coworking

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan memilih coworking space sebagai tempat bekerja. Namun, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan, yang mungkin bisa menyulitkan Anda dalam mengembangkan bisnis.

Salah satunya adalah keterbatasan untuk melakukan pengaturan suasana kerja. Setiap pengguna ruang coworking memiliki warnanya tersendiri. Sesuai dengan sifatnya sebagai ruang sosial berbasis komunitas untuk berkolaborasi, Anda pastinya harus menerima situasi di mana ada banyak orang yang akan berbagai fasilitas dan berada di sekeliling Anda.

Siapa yang Bisa Menggunakan Coworking Space?

Jawaban singkatnya? Semua orang. Saat ini terdapat ruang coworking yang melayani semua ukuran bisnis dan pelanggan, mulai dari pekerja individu hingga perusahaan internasional. Pekerja lepas, entrepreneur, pekerja remote dan hybrid, dan jenis pekerja individu lainnya adalah mereka yang banyak menggunakan coworking space.

Mereka menyukai ruang ini karena memungkinkan mereka untuk menemukan inovasi, menguji ide-ide baru, dan banyak lainnya. Banyak juga yang memandang ruang-ruang ini sebagai pusat produktivitas, tempat di mana Anda dapat melepaskan diri dari gangguan di rumah untuk fokus pada pekerjaan. Tim dari perusahaan kecil juga mendapatkan banyak manfaat.

Coworking biasanya menawarkan cara yang lebih hemat biaya bagi tim untuk berkumpul sesuai keinginan mereka, tanpa biaya mahal yang terkait dengan sewa ruang kantor. Apakah korporasi besar juga bisa menggunakan ruang coworking ini? Mengapa tidak! Bermitra dengan brand coworking nasional membantu perusahaan dalam mengurangi biaya operasional.

Haruskah Anda mencoba coworking?

Jika Anda penasaran untuk mencoba coworking, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan langsung mencobanya. Jika Anda hanya ingin masuk, menyelesaikan pekerjaan, lalu keluar, maka ruang kerja ini pas untuk Anda. Setiap orang ada di sana untuk melakukan tugas yang sangat spesifik, dan jika Anda berada di zona tersebut, tidak ada yang akan mengganggu Anda. Tertarik mencobanya? Langkah mudah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari coworking space yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top