Mediamaz Work

mediamaz work

Mediamaz Work

Member of Mediamaz Group

Freelance adalah

Begini Caranya Pilih Penerjemah Bahasa Mandarin Tersumpah

Seiring dengan adanya globalisasi yang semakin hari semakin terasa. Globalisasi bukannya dihindari tetapi harus dihadapi sebaik mungkin. Karena globalisasi akan memberi manfaat langsung maupun tidak. Contoh manfaat nya adalah adanya profesi penerjemah bahasa mandarin tersumpah. 

Mandarin adalah bentuk bahasa Cina yang umumnya dituturkan di daratan Cina dan Taiwan. Banyaknya jumlah penduduk di Cina membuat Bahasa ini akan semakin bermanfaat untuk dipelajari. Saat ini, bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa asing yang paling banyak digunakan di dunia setelah bahasa Inggris. Setidaknya terdapat 1/5 populasi dunia atau sekitar 1.3 miliar penduduk dunia menggunakan bahasa Mandarin untuk berkomunikasi dengan satu sama lain.

penerjemah bahasa mandarin tersumpah
Source : Freepik

Banyaknya jumlah pengguna bahasa Mandarin membuat bahasa ini kian populer dan juga menjadi peluang karir yang menjanjikan. Belajar bahasa Mandarin dapat memberikan banyak keuntungan, mulai dari kemudahan membangun jaringan, memperluas kesempatan kerja hingga membuka wawasan budaya. Yuk simak informasi berikut ini!

 

Prospek Kerja 

Ada beberapa prospek kerja yang menjanjikan saat menjadi penerjemah bahasa mandarin, salah satunya adalah:

1. Punya Skill Baru 

Sebagai seorang penerjemah, pasti tidak jauh dengan menulis, mengedit, dan tata bahasa, maka tidak heran seiring berjalannya waktu kosakata akan bertambah.Tidak hanya akan mempelajari berbagai aspek bahasa Mandarin, tetapi juga budaya nya. 

2. Menghasilkan banyak uang

Seperti yang kita tahu bahwa bahasa mandarin merupakan bahasa yang sangat dicari, hal inilah yang membuat penerjemah semakin penting. Gaji rata-rata penerjemah lebih tinggi daripada pekerjaan lain yang berhubungan dengan bahasa. Akibatnya, lowongan pekerjaan untuk penerjemah pun meningkat pesat. Meskipun semua bahasa dibutuhkan, bahasa yang jarang digunakan dan lebih kompleks seperti bahasa Mandarin lebih banyak diminati.

Selain itu, peningkatan pesat Tiongkok di panggung bisnis global telah menghasilkan bayaran yang tinggi bagi para penerjemah. Alih-alih dibayar per jam, penerjemah lepas dibayar per proyek, halaman, atau kata. Selain itu, Anda bisa bekerja penuh waktu dan mendapatkan gaji mingguan atau bulanan, tergantung jam kerja Anda.

 

skill yang harus dimiliki

Berikut ini adalah beberapa kemampuan yang kamu butuhkan jika ingin menjadi seorang penerjemah atau translator.

1. Kemampuan Bahasa 

Menurut e-journal stitpn  bukan cuma lancar berbahasa, tapi pemahaman dalam aturan berbahasa seperti tata bahasa, tanda baca, hingga gaya bahasa juga harus dikuasai seorang penerjemah.

2. Pengetahuan Budaya 

Mengutip dari Terjemah Inggris Indonesia  pengetahuan yang mendalam terhadap suatu budaya adalah skill penting lainnya untuk jadi seorang penerjemah andal. Hal ini karena budaya memiliki hubungan erat dengan sebuah bahasa. Bahasa-bahasa slang atau idiom tentu saja tidak bisa diterjemahkan secara literal. Pemahaman budaya dari suatu bahasa dapat mempermudah kamu untuk memahami konteks dan makna dari kata tersebut.

3. Komunikasi 

Kemampuan komunikasi yang baik adalah skill lainnya yang diperlukan seorang translator.

Hal ini karena, seorang penerjemah harus menyampaikan ide dari satu bahasa ke bahasa lainnya dengan tepat. Sehingga, skill ini diperlukan agar tidak terjadi miskomunikasi serta kesalahpahaman antara penerjemah dan klien.

4. Kreatif 

Perbedaan linguistik dari satu bahasa dengan bahasa lain dapat menjadi tantangan yang menyulitkan seorang penerjemah. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan ini, seorang penerjemah dituntut untuk menjadi kreatif agar bisa menyampaikan maknanya dengan baik terlepas dari perbedaan linguistik tersebut.

 

Cara Belajar Bahasa Mandarin Yang Efektif

Untuk mahir bahasa mandarin, ada beberapa cara yang perlu anda terapkan: 

1. Dengarkan Bahasa Mandarin Sesering Mungkin

Langkah pertama yang bisa anda terapkan adalah mulailah dengan berfokus pada mendengarkan. Biasakan diri Anda dengan bunyi-bunyinya. Anda harus membaca apa pun yang Anda dengarkan, tetapi lakukan dengan menggunakan sistem penulisan fonetik, seperti Pinyin, untuk mendapatkan pengertian yang lebih baik tentang apa yang Anda dengar. 

2. Menghafal Karakter 

Setelah Anda tau dan mempelajari aksara Mandarin, Luangkan waktu setengah jam hingga satu jam sehari hanya untuk mempelajari karakter. Gunakan metode apa pun yang Anda inginkan, tetapi sisihkan waktu khusus untuk belajar karakter setiap hari. 

3. Perbanyak berlatih

Setelah mempelajari cukup banyak dasar-dasar bahasa Mandarin, hal yang perlu kamu lakukan untuk memperlancar kemampuan bahasa Mandarin adalah dengan berlatih.

Hal ini tidak sulit untuk dilakukan, kamu bisa mencari teman ngobrol, sharing dengan mentor yang berpengalaman, berbicara dengan native speaker, atau kamu juga bisa berbicara sendiri di depan cermin. Oh iya, kamu juga bisa memanfaatkan komunitas di internet yang memiliki minat serupa untuk mengasah kemampuan bahasa Mandarin kamu.

4. Dengarkan percakapan bahasa Mandarin

Selain belajar teori dan berlatih untuk melafalkan, kamu juga bisa memperkaya kosakata dan kemampuan bahasa Mandarin kamu dengan rutin mendengarkan percakapan dalam bahasa Mandarin. Kamu bisa melakukannya melalui berbagai media, seperti mendengarkan lagu-lagu, film, drama, dan juga video berbahasa Mandarin.

5. Gunakan aplikasi

Saat ini, belajar bahasa asing banyak dipermudah dengan keberadaan aplikasi belajar yang tersedia seperti Duolingo, Lingodeer dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi belajar seperti ini untuk membantu belajar bahasa Mandarin dengan cara yang lebih ringkas, sederhana dan menyenangkan.

 

Tips & Trick Mendapatkan Pekerjaan Sebagai Penerjemah Mandarin

Untuk anda yang berminat menjadi seorang penerjemah, ada beberapa tips dan trik penting yang bisa diterapkan: 

1. Mempunyai sertifikasi penerjemah 

Penerjemah memang tidak diharuskan untuk mendapatkan sertifikasi untuk menawarkan layanan terjemahan. Tetapi memperoleh sertifikasi sebagai penerjemah profesional bisa menunjukkan bahwa kamu memiliki kemampuan yang mumpuni.  

Untuk mendapatkan sertifikasi sebagai penerjemah, biasanya anda harus mengikuti pelatihan khusus dengan durasi 6 bulan-1 tahun. Kamu biasanya bisa mendapatkan bersertifikasi sebagai penerjemah di Lembaga Bahasa terpercaya yang sertifikatnya sudah diakui secara nasional dan internasional, seperti pelatihan bersertifikasi di Lembaga Bahasa Internasional Universitas Indonesia.

2. Pilih bidang yang ingin ditekuni

Bidang pekerjaan seorang penerjemah sangatlah luas. Karena seorang penerjemah bisa bekerja sebagai penerjemah di bidang Industri, kesehatan, media, pendidikan, budaya, dan masih banyak lagi. Pastikan anda memilih bidang yang benar-benar kamu gemari ya. Karena hal ini akan membuat selalu bersemangat dan tidak mudah lelah saat menerjemahkan suatu teks.

3. Buat Portfolio Yang Menarik 

Hal lain yang perlu kamu lakukan untuk menjadi seorang penerjemah profesional adalah dengan membuat portofolio. Portofolio adalah hasil kumpulan pekerjaan yang pernah dikerjakan. Hasil kumpulan karya ini bisa dikumpulkan menjadi satu dalam bentuk dokumen, blog, gambar, ataupun postingan di media sosial.

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top