Mediamaz Work

mediamaz work

Mediamaz Work

Member of Mediamaz Group

manfaat digital learning

Manfaat Digital Learning Sebagai Metode Pembelajaran Terkini

Manfaat digital learning dalam beberapa tahun terakhir pembelajaran dengan metode online learning atau pembelajaran daring mulai banyak digalakkan oleh berbagai kalangan. Cara tersebut dianggap dapat menjadi alternatif untuk proses belajar yang praktis serta disukai oleh generasi pelajar saat ini. Ada banyak sekali manfaat e-learning, terutama dari segi penyampaian yang cenderung lebih atraktif sehingga meningkatkan minat belajar.

Artikel terkait : Bedanya Digital Learning dan E-Learning

Digital Learning adalah proses belajar mengajar yang memanfaatkan internet dan media digital dalam penyampaian materinya. Metode pembelajaran daring dianggap lebih dekat dengan generasi pelajar saat ini yang di kenal sangat menyatu dengan produk-produk teknologi. Hal ini merupakan salah satu bentuk digitalisasi dalam dunia pendidikan yang memiliki banyak manfaat. Lalu apa saja manfaat e-learning di bandingkan metode pembelajaran konvensional? Yuk simak yang berikut ini.

Artikel terkait : Mengenal Apa Itu Digital Learning? Dan Penerapan Digitalisasi Dalam Online Learning

Secara mudah nya perbedaan antara online learning dengan pembelajaran tatap muka konvensional hanya terdapat pada medianya. Namun terdapat beberapa perbedaan yang lumayan signifikan di antara dua metode pembelajaran ini. Apa saja perbedaannya? langsung aja cek yang ada di bawah ya!

Pembelajaran Tatap Muka Konvensional
  • Cara pengajaran tergantung kemampuan pengajar
  • Materi pembelajaran hanya ada di buku dan sekolah
  • Pengajar adalah sumber ilmu yang bisa di tanya
  • Waktu belajar bergantung pada sekolah ataupun institusi
  • Memerlukan tenaga pengajar yang kompeten pada bidangnya dan prasarana untuk mengajar
Digital Learning
  • Cara pengajaran statis karena berdasarkan sumber yang ada di video
  • Materi pembelajaran bisa di akses dari mana saja
  • Pengajar sebagai pengarah dalam pembelajaran dan tidak bisa di tanya
  • Waktu belajar fleksibel dan dapat di lakukan di manapun dan kapanpun
  • Di perlukan perangkat dan pengetahuan teknologi dalam melakukannya

Pembelajaran daring mulai menjadi trend di era digital serta dapat di jadikan alternatif pembelajaran dalam banyak situasi. Berikut adalah manfaat online learning yang perlu kamu ketahui.

1. Praktis dan fleksibel 

Manfaat online learning yang pertama adalah dari segi kepraktisan. Dengan pembelajaran secara dalam jaringan, interaksi antara guru dan siswa akan lebih praktis karena tidak harus menempuh perjalanan untuk bertemu.

Artikel terkait : Cara Mudah Belajar Bahasa Thailand Sampai Pro

Selain itu, tidak ada ruang kelas sebagai tempat belajar formal. Proses belajar mengajar dapat berlangsung di mana pun selama kondusif dan dapat membantu untuk fokus. Selain itu, tidak diperlukan tambahan-tambahan seperti keharusan “berdandan rapi” atau “tampil formal” sehingga lebih fleksibel.

2. Pendekatan yang lebih sesuai

Online learning menggunakan pendekatan teknologi yang lebih sesuai pelajar masa kini dibandingkan metode konservatif belajar di kelas. Metode penyampaian yang di gunakan di kelas-kelas pembelajaran dalam jaringan juga umumnya sudah merupakan gabungan formal dan informal. Kamu akan lebih mudah memahami sesuatu yang di sampaikan dengan cara yang lebih sesuai dengan “gaya”-mu, bukan?

3. Pengalaman belajar yang menyenangkan

E-learning sudah melepaskan item-item pembelajaran di kelas seperti guru dengan spidol dan papan tulis, serta siswa dengan catatan dan pulpen. Kamu akan mendapatkan pengajaran yang lebih menarik dengan berbagai format media baik itu foto, video atau audio.

Semuanya akan memberikan kamu pengalaman belajar yang lebih menyenangkan. Bukan hanya itu saja manfaat online learning, tetapi di beberapa segmen umur anak lebih menyukai metode belajar dengan menggunakan media interaktif.

4. Lebih personal

Beberapa teknik belajar online mungkin menggunakan materi-materi yang bersifat satu arah, namun banyak juga yang sudah menyediakan komunikasi dua arah. Beberapa kelas e-learning benar-benar menghubungkan siswa dan guru dalam satu waktu untuk dapat berinteraksi layaknya di kelas, namun di depan layar.

Artikel terkait : Belajar Bahasa Mandarin: Menggali Kekayaan Budaya dan Peluang Baru

Guru akan secara langsung memberikan materi pembelajaran dan siswa akan dapat secara langsung bertanya dan mendiskusikannya. Dengan cara ini, belajar online bisa di katakan lebih personal karena baik guru dan siswa benar-benar melakukan interaksi dua arah dalam satu waktu.

Di bandingkan dengan pembelajaran tatap muka tradisional, manfaat online learning yang satu ini meningkatkan efektivitas dari pembelajaran siswa.

5. Hemat waktu dan biaya

Dalam pembelajaran konvensional selama dua jam, misalnya, di butuhkan waktu setidaknya 3 jam hingga kelas di mulai karena perpindahan ruang. Baik guru dan siswa harus sama-sama menempuh waktu perjalanan untuk mencapai kelas yang di gunakan untuk belajar.

Artikel terkait : 5 Tips Belajar Bahasa Korea yang Gak Bikin Pusing

Selain itu, ada biaya-biaya tambahan seperti pengadaan buku serta fotokopi materi dan sebagainya. Salah satu manfaat online learning lainnya adalah memangkas semua pengeluaran tersebut sehingga siswa dan guru hanya perlu terhubung dengan layar dan koneksi internet.

6. Mudah didokumentasi

Dengan metode pembelajaran konvensional, siswa perlu mencatat atau untuk membuat salinan materi pelajaran untuk diri mereka. Cara lainnya adalah dengan fotokopi materi, namun cara tersebut akan membutuhkan media kertas sehingga tidak terlalu praktis.

<p&gt;Manfaat online learning lainnya adalah menggunakan media yang memungkinkan siswa untuk merekam dan menyimpan materi yang di berikan dalam bentuk digital. Sehingga dapat dengan mudah di akses dan di pelajari kembali di kemudian hari.

7. Ramah lingkungan

Dengan berkurangnya mobilitas, secara tidak langsung kamu sudah mengurangi polusi yang di timbulkan oleh kendaraan bermotor. Selain itu, e-learning tidak memerlukan kertas baik untuk pemberian materi, soal-soal maupun pendataan.

Hal tersebut tentu saja memiliki dampak yang positif bagi lingkungan karena mengurangi konsumsi kertas yang di buat dengan merusak lingkungan serta mengurangi sampah yang di hasilkan dari penggunaannya. Selain itu manfaat online learning yang satu ini juga dapat mengurangi penggunaan kertas yang menjadi penyebab penggundulan hutan.

8. Bisa Mengembangkan Diri Lebih

Kalau dalam metode pembelajaran tatap muka biasa, siswa akan sulit untuk mencari hal-hal baru. Alasannya karena apa yang di ajarkan atau materi pelajaran hanya berdasarkan dari buku paket saja.

Salah satu manfaat digital learning adalah memberikan kesempatan anak untuk mengembangkan potensi diri lebih besar. Karena waktu belajar yang lebih singkat, anak bisa lebih mengembangkan diri dengan eksplor hal-hal  baru melalui internet.

Bukan hanya itu saja, anak pastinya akan bosan jika hanya belajar saja, tetapi dengan waktu senggang ini mereka bisa melakukan apa yang mereka inginkan. Siapa tahu dengan membiarkan anak melakukan yang mereka inginkan kita bisa tahu bakat dan potensi mereka.

9. Waktu Belajar Yang Fleksibel

Seperti yang kita tahu bahwa metode pembelajaran tatap muka konvensional sudah ada jadwal nya. Anak di haruskan masuk dan hanya boleh pulang di jam tertentu saja. Jika pulang di luar jam tersebut maka akan di berikan sanksi bahkan sampai peringatan.

Seringkali anak sulit dalam belajar karena sedang tidak mood atau menginginkannya. Maka dari itu salah satu manfaat dari online learning ialah kita bisa mengatur jam belajar anak di jam berapapun.

Hal ini bisa di lakukan jika materi pembelajarannya sudah tersimpan dan dapat di tonton kembali oleh anak. Biasanya durasi dari pembelajaran online ini beragam mulai dari 1 hingga 3 jam, tergantung dari mata pelajaran.

10. Wawasan Yang Di Dapat Lebih Luas 

Saat belajar dari rumah kamu akan mendapatkan wawasan yang jauh lebih luas, karena biasanya materi yang di berikan jauh lebih baik di banding dari buku cetak. Bukan hanya itu saja, tetapi buku cetak biasanya hanya di perbarui isinya setiap beberapa tahun, sedangkan materi pembelajaran daring hampir setiap minggu terupdate.

Dimana ada kelebihan di sana pasti ada kekurangan, tidak terkecuali dengan e-learning. Metode pembelajaran daring ini juga dulu sempat menimbulkan pro dan kontra saat awal penyebaran Covid-19.

Banyak sekali manfaat dari digital learning yang bisa di rasakan baik dari sisi siswa/mahasiswa maupun guru/dosen hingga saat ini pandemi mulai mereda. Walaupun nama dari metode pembelajaran ini terdengar futuristik dan canggih, terdapat beberapa kekurangan juga. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan online learning? Simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

Kelebihan Digital Learning 

Mungkin beberapa dari kelebihan online learning ini sudah di jelaskan lumayan banyak diatas. Namun ada baiknya jika menjelaskannya lagi dengan komparasi kekurangannnya. Berikut ini kelebihan dari metode pembelajaran daring:

  • Dapat Di Akses Dengan Mudah
  • Biaya Lebih Terjangkau
  • Waktu Belajar Fleksibel
  • Pengalaman belajar lebih menyenangkan
  • Tidak perlu banyak biaya
  • Ramah Lingkungan
Kekurangan Digital Learning 

Seperti yang sudah di singgung sebelumnya jika ada kelebihan maka akan ada kekurangan pula. Banyak sekali kendala ketika saat dulu awal metode pembelajaran ini di terapkan hampir di semua lini pendidikan. Tidak hanya karena kaget saja tetapi juga banyak faktor lainnya yang membuat banyak akademisi kontra dengan metode daring ini. Untuk lebih jelasnya berikut ini kekurangan metode pembelajaran online learning:

  • Sangat bergantung pada akses internet
  • Kurangnya interaksi dalam proses kegiatan belajar dan mengajar
  • Pengawasan harus lebih intens
  • Godaan untuk membuka hal selain pelajaran begitu besar
  • Materi pelajaran terkadang sulit dipahami
  •  Tugas akan sering menumpuk

Nah, itu tadi adalah ringkasan singkat mengenai beberapa manfaat dari adanya digitalisasi dalam pembelajaran. Dari marak nya pembelajaran secara digital yang ternyata memudahkan kita dalam proses belajar, tentu nya program bootcamp tidak kalah menarik nya! ditambah lagi saat ini kebutuhan akan bahasa asing semakin meningkat.

Artikerl terkait : Cara Menjadi Translator Dengan Program Bootcamp

Yuk, tunggu apalagi segera daftarkan diri anda untuk bergabung bersama program bootcamp translator kami.  Untuk informasi lebih lanjut anda bisa follow Instagram Mediamaz Work dan hubungi tim kami via Whatsapp disini.

Mediamaz Work adalah bagian dari Mediamaz Work dan telah berdiri sejak tahun 1998 di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara dan sudah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah.

Kualitas merupakan prioritas utama Kami dalam memberikan pelayanan jasa yang perusahaan Kami tawarkan. Sesuai dengan Sertifikasi ISO 9000 : 2015 yang merupakan dasar kontrol kualitas yang digunakan oleh perusahaan kami, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas layanan yang Kami berikan.

Selain itu Tim penerjemah kami tergabung dari beberapa organisasi besar, yakni Penerjemah Tersumpah, Penerjemah HPI, dan Penerjemah Freelance.

Profesional & Berpengalaman

Tim interpreter kami terdiri dari tim ahli bahasa yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam proyek terkait bahasa.

Akurat

Hasil terjemahan oleh tim interpreter kami dijamin 100% akurat dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Konsultasi Kapanpun

Sebelum melakukan pemesanan jadwal, Kamu bisa berkonsultasi dengan tim interpreter kami perihal kebutuhan acara.

Tanpa Biaya Tambahan

Kamu tidak perlu pusing lagi soal biaya, karena Kamu hanya perlu membayar jasa kami dan tidak perlu membayar biaya tambahan.

Menjadi Translator:

Hire Translator:

  • Outsourcing Translator & Interpreter
  • Headhunter Translator & Interpreter
  • Freelance Translator & Interpreter

Temukan 500+ Pekerjaan & Proyek Terjemahan:

  • Job Search Translator & Interpreter
  • Recruitment Translator & Interpreter
  • Consultant Translator & Interpreter
  • Join Our Translator & Interpreter Team
0/5 (0 Reviews)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top