Mediamaz Work

mediamaz work

Mediamaz Work

Member of Mediamaz Group

gaji seorang interpreter

Daftar Gaji Interpreter Dan Skill Yang Harus Dimiliki

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, maka kebutuhan akan bahasa aisng juga semakin banyak. Salah satu jenis pekerjaan yang bisa  pilih jika memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik adalah menjadi seorang Interpreter dengan gaji seorang interpreter yang cukup menjanjikan saat ini.

Artikel terkait : Alasan Kenapa Harus Mengikuti Khursus Bahasa Inggris Online

Interpreter adalah profesi yang tugasnya menerjemahkan tulisan atau dokumen dari satu bahasa ke bahasa yang lain. Jadi, seorang penerjemah hanya bekerja untuk menerjemahkan teks, baik itu berupa buku, subtitle film, dokumen hukum, dokumen bisnis, dan teks-teks populer lainnya. Profesi ini juga cukup populer dengan gaji seorang interpreter yang menjanjikan.

Sekalipun kelihatannya interpreter dan translator memiliki cakupan pekerjaan yang hampir sama, tetapi dalam melakukan pekerjaannya seorang translator tidak hanya sebatas menerjemahkan kalimat per kalimat dari suatu dokumen.

Dalam menjalani pekerjaan sebagai translator entah itu bergabung di suatu perusahaan ataupun secara personal, ada beberapa tanggung jawab yang tidak boleh terabaikan. Beberapa hal yang menjadi tanggung jawab translator antara lain:

  • Menghadiri brainstorming dengan tim dan klien untuk persiapan penerjemahan.
  • Menulis dan mengedit hasil terjemahan hingga dapat dengan mudah dipahami.
  • Menyiapkan ringkasan dari teks yang sudah diterjemahkan untuk diperiksa oleh client.
  • Melakukan pengecekan pada hasil terjemahan mulai dari struktur penulisan hingga konteks.
  • Diskusi dengan editor untuk memastikan bahwa terjemahan sudah sesuai dengan makna aslinya.
  • Berkonsultasi dengan ahli yang memahami topik yang diterjemahkan dengan baik.

Agar dapat menunaikan kewajibannya dengan baik, translator juga wajib memiliki beberapa skill penting. Dengan skill tersebut diharapkan dapat lebih memaksimalkan hasil terjemahan dan prosesnya lebih efisien.

Beberapa skill penting yang perlu dimiliki translator antara lain:

1. Pemahaman bahasa yang baik

Skill dasar yang wajib dimiliki translator adalah pemahaman bahasa yang baik. Tentu saja bahasa yang dimaksud adalah bahasa yang menjadi spesialisasi seorang translator dalam menerjemahkan. Sangat memungkinkan seorang translator dapat menangani lebih dari 2 bahasa dan itu menjadi keuntungan tersendiri.

2. Kemampuan membaca dan menulis

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwasanya translator itu berfokus pada terjemahan tulisan. Untuk itu, tentunya dalam melakukan pekerjaannya translator perlu memiliki kemampuan membaca dan menulis yang baik.

Hal ini akan sangat bermanfaat ketika mengerjakan project penerjemahan dengan kuantitas yang sangat besar, misalnya menerjemahkan terjemahan buku dengan ratusan atau ribuan halaman. Dengan kemampuan membaca dan menulis yang baik, seorang translator bisa menghasilkan terjemahan dengan kualitas yang konsisten.

3. Memahami Budaya

Kemampuan ini terbilang hal yang penting, karena anda harus menguasai dan memahami suatu budaya bahasa yang akan anda terjemahkan. Untuk itu, dengan pendekatan budaya translator bisa menemukan diksi yang lebih sesuai.

Berapa sih gaji seorang translator? Merujuk pada hasil survei gajimu.com, translator pemula dengan latar belakang pendidikan S1 bisa mendapatkan gaji bersih Rp4.660.132. Sedangkan translator yang telah bekerja kurang dari 5 tahun bisa mendapatkan gaji Rp4.754.273 sampai dengan Rp5.360.428.

Lalu, translator yang telah memiliki pengalaman kerja antara 5 sampai 10 tahun berpotensi mendapatkan gaji sebesar Rp5.468.716 sampai dengan Rp5.924.189. Sedangkan translator yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun bisa memperoleh gaji lebih dari Rp6.165.960.

Intinya, pengalaman kerja pada profesi translator menjadi salah satu parameter penting dalam menentukan jumlah gaji. Dengan track record yang baik plus kepuasan klien yang pernah bekerja sama, akan semakin meningkatkan nilai tawar seorang translator.

Untuk menjadi translator, ada beberapa proses yang harus kamu tempuh untuk mewujudkannya.

1. Menyelesaikan Program Pendidikan Formal

Tahap pertama yang harus kamu tempuh adalah menyelesaikan pendidikan pendidikan D3 atau S1 pada jurusan bahasa asing yang kamu inginkan. Ini adalah tahap awal yang tidak boleh kamu abaikan. Mengapa? Karena umumnya perusahaan atau lembaga yang membutuhkan translator menginginkan pegawai yang merupakan lulusan jurusan bahasa asing.  Ijazah atau surat keterangan lulus yang kamu peroleh bisa menjadi validasi atas kemampuan dasar yang kamu miliki untuk melamar posisi tersebut.

2. Lengkapi Diri Dengan Sertifikasi

Selain menyelesaikan program pendidikan formal, ada baiknya kamu juga mengikuti program sertifikasi profesi penerjemah.

Mediamaz Menyediakan Tempat Untuk Sertifikasi Menjadi Seorang Translator Profesional, Hubungi WhatsApp untuk informasi lebih lanjut. 

3. Memilih Spesialisasi

Setelah menyelesaikan pendidikan, selanjutnya kamu perlu menentukan spesialisasi penerjemahan yang akan kamu tekuni. Ada baiknya kamu memilih spesialisasi penerjemahan jenis teks dan topik khusus.

4. Promosikan Jasa

Setelah memastikan kemampuan dan spesialisasi bidang penerjemahan yang kamu tekuni, selanjutnya kamu tinggal memasarkan jasamu sebagai translator. Saat ini sudah banyak media promosi yang bisa kamu gunakan baik yang gratis maupun yang berbayar.

Satu hal penting yang perlu kamu lakukan untuk memasarkan jasamu adalah membuat website pribadi yang memuat informasi penawaran jasa translator dan portofolio project yang pernah kamu kerjakan untuk meningkatkan ketertarikan dan kepercayaan calon klienn. 

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Kami melalui WhatsApp disini atau melalaui instagram @mediamazwork 

Mediamaz Work adalah bagian dari Mediamaz Work dan telah berdiri sejak tahun 1998 di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara dan sudah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah.

Kualitas merupakan prioritas utama Kami dalam memberikan pelayanan jasa yang perusahaan Kami tawarkan. Sesuai dengan Sertifikasi ISO 9000 : 2015 yang merupakan dasar kontrol kualitas yang digunakan oleh perusahaan kami, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas layanan yang Kami berikan.

Selain itu Tim penerjemah kami tergabung dari beberapa organisasi besar, yakni Penerjemah Tersumpah, Penerjemah HPI, dan Penerjemah Freelance.

Profesional & Berpengalaman

Tim interpreter kami terdiri dari tim ahli bahasa yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam proyek terkait bahasa.

Akurat

Hasil terjemahan oleh tim interpreter kami dijamin 100% akurat dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Konsultasi Kapanpun

Sebelum melakukan pemesanan jadwal, Kamu bisa berkonsultasi dengan tim interpreter kami perihal kebutuhan acara.

Tanpa Biaya Tambahan

Kamu tidak perlu pusing lagi soal biaya, karena Kamu hanya perlu membayar jasa kami dan tidak perlu membayar biaya tambahan.

Menjadi Translator:

Hire Translator:

  • Outsourcing Translator & Interpreter
  • Headhunter Translator & Interpreter
  • Freelance Translator & Interpreter

Temukan 500+ Pekerjaan & Proyek Terjemahan:

  • Job Search Translator & Interpreter
  • Recruitment Translator & Interpreter
  • Consultant Translator & Interpreter
  • Join Our Translator & Interpreter Team
0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top