Mediamaz Work

mediamaz work

Mediamaz Work

Member of Mediamaz Group

kumpulan penerjemah berbagai negara

Ternyata Segini Gaji Penerjemah Bahasa Jepang, Tertarik?

Mordor Intelegence memprediksi bahwa ukuran pasar penerjemahan pada tahun 2028 mencapai 98,11 Billion USD. Besarnya ukuran pasar penerjemahan tersebut selaras dengan peluang penerjemahan yang semakin terbuka lebar. Oleh sebab itu, menjadi seorang penerjemah adalah keputusan yang menguntungkan.

Salah seorang pengguna kaskus dengan nama akun sammy452023 pernah menceritakan perjalanan kariernya menjadi seorang penerjemah. Berbekal pengalaman kerja di Jepang, hingga akhirnya terjun menjadi pekerja lepas penerjemah bahasa Jepang. Saat ini, rate gaji mas Sammy mencapai 2jt/hari untuk kontrak 2 minggu, dan 4jt/hari untuk kontrak 6 bulan.

Apakah anda tertarik mendapatkan gaji yang cukup besar per harinya? 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Gaji Penerjemah Bahasa Jepang

Ilustrasi ketika penerjemah memegang banyak uang

Sebelum anda berangan-angan mendapatkan gaji yang tinggi setiap harinya, ada beberapa hal yang harus anda pahami terkait penentuan gaji penerjemah bahasa jepang.

Terdapat dua kategori penerjemah dalam mendapatkan gaji, yaitu: pertama adalah karyawan yang terikat dengan perusahaan, kedua adalah penerjemah lepas. Kedua kategori penerjemah ini tentunya memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing.

Seorang penerjemah yang terikat dengan perusahaan akan mendapatkan gaji berdasarkan kebijakan perusahaan. Dari sisi perusahaan akan menggaji karyawannya dengan dua aspek utama:

  1. Latar belakang pendidikan.
  2. Pengalaman yang dimiliki.

Kedua aspek tersebut adalah pondasi bagi perusahan untuk menggaji karyawannya. Sehingga, jika anda tidak memiliki background pendidikan yang relevan dengan pekerjaan penerjemah, maka anda harus memiliki pengalaman yang cukup untuk mendapatkan gaji diatas UMR.

Namun terkadang, pendidikan yang relevan saja tidak cukup. Perusahaan juga membutuhkan sosok yang memiliki pengalaman memadai, sehingga ketika sudah bekerja tidak perlu diajarkan banyak hal. Dengan begitu segala kebutuhan perusahaan bisa terealisasikan sesuai target.

Namun jika anda tidak ingin terikat dan lebih mencintai kebebasan itu artinya anda lebih cocok menjadi freelance penerjemah bahasa Jepang.

Untuk bisa sukses menjadi seorang freelance penerjemah bahasa Jepang, anda harus menempuh jalan yang berliku. Karena pada awalnya anda pasti akan sulit mendapatkan klien, sehingga anda membutuhkan portofolio yang kuat. Sehingga pada akhirnya calon klien mulai berdatangan dan percaya pada kemampuan yang anda miliki.

Oleh sebab itu, kemampuan anda terkait penerjemahan harus senantiasas diasah. Sehingga keahlian anda dalam melakukan penerjemahan dalam bahasa Jepang menjadi lebih tajam.

Skill yang Harus dimiliki Seorang Penerjemah

Nah, jika saat ini anda mulai tertarik untuk memulai karier menjadi seorang penerjemah bahasa Jepang, berikut ada beberapa skill yang harus anda miliki untuk menjadi seorang penerjemah berkualitas.

1. Kemampuan Bahasa

Menjadi seorang penerjemah itu artinya anda akan berkecimpung dalam dunia peralihan bahasa. Sehingga kemampuan bahasa menjadi modal utama anda memulai karir menjadi seorang penerjemah.

Pada awal pengembangan karir anda, lebih baik memfokuskan untuk pelajari 2 bahasa hingga benar-benar menguasai luar dalam. Dengan begitu segala jenis model terjemahan yang anda dapatkan dari klien dapat anda selesaikan dengan mudah dan hasil yang tidak mengecewakan.

2. Berwawasan Luas

Menjadi seorang penerjemah itu artinya anda juga harus memiliki wawasan yang luas. Karena nantinya bukan tidak mungkin anda akan dihadapkan dengan penulisan kata berkaitan dengan kebudayaan bahasa yang anda terjemahkan. Dalam kasus ini, berarti anda harus memahami kebudayaan dari negara Jepang.

Karena jika anda menerjemahkan segalanya sesuatunya kata per kata, bisa jadi hasil terjemahan anda menjadi ambigu. Sehingga tidak ada bedanya dengan menggunakan google translate.

Oleh sebab itu, anda juga perlu memiliki wawasan luas. Sehingga bisa menghasilkan terjemahan yang berkualitas tinggi dan tepat sasaran. Jadi, perluas wawasan anda sedari sekarang. Anda bisa memulainye dengan membaca buku.

3. Kemampuan Komunikasi

Kunci menghasilkan terjemahan yang berkualitas tinggi atau yang sesuai dengan keinginan klien adalah komunikasi. Kemampuan komunikasi anda juga perlu dilatih. Sehingga kemungkinan misskomunikasi bisa anda tekan sebesar mungkin.

Coba bayangkan jika anda gagal dalam proses komunikasi bersama klien, besar kemungkinan klien anda akan kecewa bukan? Kekecewaan klien akan menghasilkan review yang buruk. Kondisi tersebut sangat tidak bagus dalam perjalanan karier anda. Sehingga teruslah latih kemampuan Komunikasi anda sedari sekarang!

Cara Menjadi Penerjemah Bahasa Jepang Berkualitas

wawancara menjadi traslator berkualitas

Pada dasarnya untuk menjadi seorang penerjemah tidak terlalu sulit, asalkan anda memiliki kemampuan bahasa. Ketika kemampuan bahasa telah anda miliki dan berada dalam level yang expert, langkah selanjutnya adalah bagaimana caranya mendapatkan klien?

Pada fase pencarian klien, anda akan belajar membuat portofolio yang bagus sehingga dapat meyakinkan calon klien sehinggga ingin menggunakan jasa anda.

Proses tersebut tentu akan memakan waktu dan pengorbanan yang tidak sedikit. Nah, untuk mempercepat proses tersebut anda bisa bergabung dengan bootcamp Mediamaz Work. Keuntungan yang akan anda dapatkan selama mengikuti bootcamp adalah memperolah kemampuan bahasa yang berguna untuk karier penerjemahan anda.

Anda juga belajar bagaimana caranya menyelesaikan sebuah kasus tertentu yang sering ditemui dalam duni penerjemahan profesional secara cepat, tepat, dan mudah.

Tak hanya itu, anda juga akan mendapatkan sertifikasi penerjemah yang berguna untuk meningkatkan kredibilitas anda sebagai seorang penerjemah. Dengan begitu anda akan jauh lebih mudah menggaet klien karena status anda yang terpercaya. Jika anda masih banyak pertanyaan sejenis, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui komen atau dm Instagram.

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top