Mediamaz Work

mediamaz work

Mediamaz Work

Member of Mediamaz Group

dampak remote working

Dampak Remote Work Untuk Sumber Daya Manusia

Seiring dengan menjamurnya teknologi dan globalisasi, konsep remote working atau bekerja dari jarak jauh semakin populer. Pandemi COVID-19 mempercepat tren ini, sehingga banyak perusahaan yang mulai menerapkan remote working sebagai cara untuk menarik dan mempertahankan bakat terbaik, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi biaya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu pastinya ada beberapa dampak remote working. Dalam artikel ini, kita akan membahas keuntungan dan tantangan remote working untuk sumber daya manusia?

Artikel terkait : Jenis Pekerjaan Remote Work Yang Populer Untuk Pemula

Remote working, juga dikenal dengan istilah telecommuting atau bekerja dari rumah, adalah pengaturan kerja di mana karyawan dapat bekerja di luar lingkungan kantor tradisional, dengan menggunakan teknologi untuk tetap terhubung dengan rekan kerja dan menyelesaikan tugas-tugas mereka. Pekerja remote dapat berada di mana saja di dunia, selama mereka memiliki akses ke internet dan alat komunikasi yang handal.

Remote working menawarkan beberapa keuntungan bagi sumber daya manusia, antara lain:

1. Menarik dan Memperoleh Bakat Terbaik

Remote working memungkinkan perusahaan untuk menjangkau bakat global, tanpa terbatas oleh lokasi geografis. Ini berarti bahwa HR dapat merekrut kandidat terbaik untuk pekerjaan, terlepas dari di mana mereka tinggal. Selain itu, remote working adalah fasilitas yang sangat diinginkan bagi banyak karyawan, dan dapat membantu perusahaan mempertahankan performa terbaik mereka.

Artikel terkait : Keuntungan Remote Work Menguragi Beban Anggaran Perusahaan

2. Meningkatkan Produktivitas

Studi menunjukkan bahwa pekerja remote seringkali lebih produktif daripada rekan kerja yang bekerja di kantor, karena terdapat lebih sedikit gangguan dan jadwal yang lebih fleksibel. Pekerja remote juga terbukti mengambil lebih sedikit cuti sakit, dan memiliki keseimbangan kerja-hidup yang lebih baik.

3. Mengurangi Biaya

Remote working dapat membantu perusahaan menghemat uang untuk ruang kantor, peralatan, dan biaya overhead lainnya. Selain itu, pekerja remote seringkali memerlukan supervisi dan dukungan yang lebih sedikit, yang dapat lebih lanjut mengurangi biaya HR

Artikel terkait : Tips Jadi Remote Worker Yang Efektif

Meskipun remote working menawarkan banyak manfaat, juga menyajikan beberapa tantangan bagi sumber daya manusia, antara lain:

1. Komunikasi dan Kolaborasi

Tim remote harus mengandalkan teknologi untuk berkomunikasi dan berkolaborasi secara efektif, yang dapat menjadi tantangan. HR harus memastikan bahwa pekerja remote memiliki akses ke alat dan sumber daya yang tepat untuk tetap terhubung dan produktif.

2. Keterlibatan dan Pemeliharaan Karyawan

Pekerja remote mungkin merasa terputus dari rekan kerja dan budaya perusahaan, yang dapat menyebabkan tingkat keterlibatan dan pemeliharaan yang lebih rendah. HR harus mencari cara untuk membina rasa memiliki dan kebersamaan bagi pekerja remote, dan memberi kesempatan untuk membangun tim virtual dan bersosialisasi.

Artikel terkait : Hybrid Work Yang Bisa Menguntungkan Semua Pihak

3. Manajemen Kinerja

HR harus menetapkan metrik dan harapan kinerja yang jelas untuk pekerja remote, dan menemukan cara untuk mengukur produktivitas dan kontribusi mereka. Ini dapat menjadi tantangan ketika pekerja remote tidak berada di kantor secara fisik.

Mediamaz Work adalah platform rekrutmen yang dapat membantu HR menemuka dan merekrut kandidat terbaik. Remote working sudah menjadi tren dan menyajikan peluang serta tantangan bagi sumber daya manusia. Untuk Informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi melalui WhatsApp disini.

Mediamaz Work adalah bagian dari Mediamaz Work dan telah berdiri sejak tahun 1998 di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara dan sudah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah.

Kualitas merupakan prioritas utama Kami dalam memberikan pelayanan jasa yang perusahaan Kami tawarkan. Sesuai dengan Sertifikasi ISO 9000 : 2015 yang merupakan dasar kontrol kualitas yang digunakan oleh perusahaan kami, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas layanan yang Kami berikan.

Selain itu Tim penerjemah kami tergabung dari beberapa organisasi besar, yakni Penerjemah Tersumpah, Penerjemah HPI, dan Penerjemah Freelance.

Profesional & Berpengalaman

Tim interpreter kami terdiri dari tim ahli bahasa yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam proyek terkait bahasa.

Akurat

Hasil terjemahan oleh tim interpreter kami dijamin 100% akurat dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Konsultasi Kapanpun

Sebelum melakukan pemesanan jadwal, Kamu bisa berkonsultasi dengan tim interpreter kami perihal kebutuhan acara.

Tanpa Biaya Tambahan

Kamu tidak perlu pusing lagi soal biaya, karena Kamu hanya perlu membayar jasa kami dan tidak perlu membayar biaya tambahan.

Menjadi Translator:

Hire Translator:

  • Outsourcing Translator & Interpreter
  • Headhunter Translator & Interpreter
  • Freelance Translator & Interpreter

Temukan 500+ Pekerjaan & Proyek Terjemahan:

  • Job Search Translator & Interpreter
  • Recruitment Translator & Interpreter
  • Consultant Translator & Interpreter
  • Join Our Translator & Interpreter Team
0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top