Mediamaz Work

mediamaz work

Mediamaz Work

Member of Mediamaz Group

Daftar Negara Yang Memberikan Lulusannya Peluang Kerja Terbaik Setelah Lulus!

Daftar negara terbaik untuk kerja di luar negeri menjadi sangat menjanjikan. Selain karena gaji yang ditawarkan lebih tinggi daripada di Indonesia. Memiliki pengalaman kerja di luar negeri juga bisa memperluas relasi, kemampuan berbahasa asing, dan sebagainya. Akan tetapi sebelum memutuskan untuk kerja di luar negeri, pahami terlebih dulu syarat dan ketentuan sebelum datang ke negara tujuan. Apakah negara tersebut mengizinkan orang asing untuk bekerja ataupun tidak. Sebelum membahas negara-negara terbaik, pada artikel berikut akan menjelaskan alasan, tips dan syarat yang harus anda penuhi. Simak rangkuman 10 daftar negara terbaik versi Mediamaz Work  bagi pekerja asing berikut.

Artikel terkait : Kerja di Australia Banyak Benefit, Simak Ulasan Mengenai Syarat dan Peluang

Dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, manusia harus bekerja untuk mencukupinya. Kini lapangan pekerjaan yang tersediapun beragam, dengan gaji yang berbeda-beda. Apalagi persaingan ketat untuk mendapatkan pekerjaan cukup sengit, oleh karena itu munculah solusi baru. Banyak masyarakat Indonesia yang kini memilih bekerja di luar negeri.

Artikel terkait : Bahasa Asing Yang Dapat Di Pelajari Selain Bahasa Inggris

Mengutip dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Tenaga Kerja Indonesia mencapai 3,7 juta pekerja. Angka tersebut telah tersebr di 150 negara. Sedangkan menurut data World Bank, jumlah TKI di luar negeri menembus angka 9 juta. Berikut ini beberapa alasan yang mendukung untuk bekerja di luar negeri, yakni:

1. Menjadi Mandiri

Tentunya jika Anda sendirian untuk bekerja di negara tujuan, anda akan terlatih untuk serba bisa demi diri anda. Memenuhi urusan memasak, bekerja, beberes secara mandiri. Jika anda terbiasa untuk hidup bersama orang tua, kali ini akan terasa berbeda jika hidup sendiri di negeri orang.

2. Gaji Lebih Tinggi

Alasan berikutnya yang menjadi tujuan utama adalah gaji yang akan anda dapat lebih tinggi. Karena perhitungan gaji berdasarkan dari standar hidup, biaya makan, dan tempat tinggal negara terkait.

3. Menambah Jaringan

Bekerja di negara asing membuka peluang Anda memiliki jaringan yang luas. Artinya teman dan rekan anda bukan orang Indonesia saja tapi mereka yang berasal dari negeri berbeda. Pada zaman seperti saat ini, jaringan merupakan salah satu hal terpenting untuk meningkatkan kariermu. Harapannya mereka bisa merekomendasikan kamu untuk pekerjaanmu nantinya.

Jika anda ingin bekerja di luar negeri, hal dan tips yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

1. Pilih dan Pahami Negara Tujuan

Bekerja di luar negeri bukanlah hal mudah, perbedaan bahasa dan budaya merupakan kendala utamanya. Sebelum Anda kerja di luar negeri, sebaiknya Anda pahami dahulu bagaimana budaya di negara tersebut. Sehingga Anda tidak terlalu mengalami culture shock saat datang ke sana. Kemudian anda bisa melakukan riset terhadap perusahaan tujuan, sebelum nantinya bekerja di sana.

2. Perdalam Skill dan Persiapkan Mental

Ketika Anda memutuskan untuk kerja di luar negeri, anda harus yakin dan paham mengenai skill anda. Bekerja di negara yang berbeda pastilah memiliki budaya kerja yang berbeda pula, terlebih anda merupakan orang asing bagi mereka. Asah skill agar anda dapat mengikuti arus kerja perusahaan tersebut. Anda juga harus persiapkan mental yang matang.

3. Lengkapi Dokumen

Persiapkan dokumen untuk pergi kerja di luar negeri sangatlah penting dan tidak boleh terlewat. Anda harus perhatikan dokumen apa saja yang Anda perlukan. Setiap negara memiliki aturan yang berbeda-beda dan ketat. Sehingga anda harus memastikan dokumen  sudah dipersiapkan dengan benar.

Beberapa daftar negaa – negara terbaik untuk bekerja di Luar negeri:

1. New Zealand

Daftar negara terbaik untuk kerja yang pertama adalah New Zealand. Terletak di barat daya Samudera Pasifik ini menjadi negara rekomendasi terbaik yang menempati posisi pertama untuk bekerja di luar negeri. Terdapat 2 bahasa yaitu bahasa Māori dan bahasa Inggris. New Zealand juga memiliki 4 musim seperti musim semi yang berlangsung dari September ke November. Musim panas yang berlangsung dari Desember ke Februari, musim gugur yang berlangsung dari Maret ke Mei. Dan musim dingin yang berlangsung dari Juni ke Agustus.

Artikel terkait : Alasan Bahasa Mandarin Penting Dalam Dunia Kerja

Untuk bisa bekerja di New Zealand anda perlu untuk memiliki izin visa resmi beserta dengan izin bekerja terlebih dahulu. Tidak ada ketentuan minimal usia yang bisa memiliki bisa ke New Zealand, baik bagi pengunjung, pelajar, calon pekerja, dan pindah tempat tinggal berbasis kemitraan.

Selain banyaknya pilihan visa yang tersedia untuk pelamar dari segala usia, New Zealand juga terkenal dengan profesi pekerjaan yang bisa dilakukan oleh orang asing mulai dari instruktur ski, pekerjaan di ladang pertanian, barista, hingga waiter di kepulauan utara dan selatan.

2. Korea Selatan

Menjadi negara rekomendasi selanjutnya untuk bekerja di luar negeri, Korea Selatan adalah berada di bagian selatan Semenanjung Korea dengan bahasa resmi Korea. Kebanyakan penduduk di Korea Selatan tidak menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi.

Terdapat 4 musim di Korea Selatan, yaitu musim semi dari April ke Juni, musim panas dari Juli ke Agustus, musim gugur dar September ke November, musim dingin dari Desember ke Maret.

Apabila Anda ingin bekerja di Korea Selatan, Anda perlu mendapatkan visa kerja terlebih dahulu. Adapun bagi orang asing yang sudah memiliki visa tersebut dan ingin mencari kerja melalui website, berikut adalah rekomendasi website pencari kerja terbaik menurut Asia Options:

  1. PeoplenJob
  2. Seoul Professionals
  3. Craiglist
  4. Seoul Global Center
  5. Kopra
  6. Korea Professional
  7. Seoul Start Ups Job Board
  8. LinkedIn

Adapun pekerjaan terbaik yang bisa Anda tekuni  di Korea Selatan adalah Project Manager yang mana estimasi gaji perbulannya adalah sebesar 4,000,000-5,600,000 KRW atau senilai 3,370-4,700 USD.

3. Spanyol

Spanyol atau dijuluki sebagai negara matador ini adalah salah satu negara yang berada di benua Eropa barat daya. Bahasa resmi penduduknya adalah bahasa Spanyol. Adapun musim yang bisa terjadi di Spanyol ada 4 musim, yaitu musim dingin, musim semi, musim panas, dan musim gugur. Sekarang terdapat beberapa pekerjaan yang paling populer di Spanyol untuk warga negara asing yang datang seperti konsultan bisnis, IT, teknik mesin dan industri, hingga praktisi medis untuk ekspatriat.

4. Italia

Merupakan negara kesatuan republik yang berada di jantung laut Mediterania, bahasa resmi Italia adalah Italia. Terkenal dengan sejarah yang mempelopori pizza, bahasa Inggris di Italia tidak digunakan secara luas. Meskipun ada beberapa kota yang kemungkinan warganya bisa menuturkan bahasa Inggris seperti di Roma, Florence, dan Milan.

Mengutip dari berbagai sumber, negara yang mempunyai 4 musim ini terbilang sulit untuk bisa mendaoatkan pekerjaan di Italia bagi orang asing. Karena selain harus ada sponsor yang merekomendasikan untuk bisa bekerja di Italia, para pekerja asing pun perlu menguasai bahasa resminya.

Adapun profesi yang paling banyak peminat di Italia adalah profesi di bidang matematika, komputasi, penjualan, dan pemasaran digital. Bidang profesi lain seperti perhotelan/pariwisata juga cenderung mempunyai banyak tawaran di Italia.

5. Kamboja

Memiliki julukan sebagai tanah kedamaian dan kemakmuran, Kamboja adalah sebuah negara monarki yang terletak di Asia Tenggara dekat Vietnam. Mempunyai ibu kota yang terletak di Phnom Penh, Kamboja adalah negara yang berbahasa resmi Khmer. Tetapi walaupun bahasa resminya adalah Khmer, kebanyakan masyarakat Kamboja bisa berbicara dengan bahasa Inggris.

Mempunyai 2 musim yaitu musim hujan dan kemarau, warga negara asing yang ingin bekerja di Kamboja haris setidaknya memiliki E-visa berikut dengan izin kerja yang didapatkan dari pemerintah. Adapun industri yang paling banyka membuka lowongan di Kamboja adalah pada industri pembuatan garmen, pariwisata, dan pengajar bahasa untuk perusahaan multinasional.

6. Australia

Mendapat julukan sebagai Benua Hijau, Australia adalah negara yang terletak di sebelah selatan dengan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Iklim di Australia sangat unik, karena beberapa wilayah negaranya mempunyai iklim yang bervariasi. Adapun musim kemarau dan hujan akan berlangsung di wilayah utara, sedangkan musim dingin berlangsung di wilayah selatan.Untuk musim panas yang biasa terjadi di bulan Desember, musim gugur di bulan Maret, dan musim semi di bulan September.

Artikel terkait : Kerja di Australia Banyak Benefit, Simak Ulasan Mengenai Syarat dan Peluang

Bagi warga negata asing yang memiliki visa, maka mereka mendapat izin untuk bekerja di Australia selama maksimal 6 bulan di satu perusahaan. Sedangkan warga negara asing yang mengikuti program Working Holiday Maker di Asutalia akan mendapat izin untuk bekerja lebih dari 6 bulan tanpa meminta izin ke pihak berwenang. Asalkan bekerja di lokasi yang berbeda.

Selanjutnya, pekerjaan yang paling banyak dicari di Australia adalah perawat, guru, dan programmer. Sedangkan untuk lowongan pekerjaan di luar ngegeri yang banyak dicari warga negara asing khususnya di Australia adalah pekerjaan di bidang pendidikan, kesehatan, pemeliharaan, atau sektor publik.

7. Amerika Serikat

Mendapat julukan Negeri Paman Sam, Amerika Serikat adalah negara yang terletak di kawasan benua Amerika Utara. Berbatasan dengan Samudera Pasifik di sebelah barat dan Samudera Atlantik di sebelah utara. Amerika Serikat adalah negara dengan 4 musim (Musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin).

Bagi para warga negara asing yang ingin bekerja di luar negeri khususunya di Amerika Serikat, mereka perlu memiliki izin tinggal dan bekerja terlebih dahulu sebelum mulai melamar pekerjaan. Terdapat beberapa pekerjaan terbaik untuk warga negara asing di Amerika, seperti software engineer, asisten dokter, teknisi farmasi, hingga petugas keamanan.

8. Perancis

Terkenal dengan menara Eiffel, Perancis adalah negara yang terletak di sebelah barat benua Eropa dengan Perancis adalah bahasa resminya. Memiliki julukan “The Hexagon”, Perancis adalah negara dengan 4 musim yang setiap musimnya bertahan kurang lebih selama 3 bulan.

Warga negara asing yang ingin bekerja di luar negeri harus setidaknya memiliki Blue Card. Dengan itu, para imigran akan mendapat izin untuk melamar pekerjaan di pasar lapangan kerja Eropa. Selanjutnya jika ingin bekerja untuk waktu lebih dari 3 bulan, pekerja asing tersebut harus meminta perpanjangan izin kerja di Perancis dengan melampirkan kontrak kerja dan aplikasi lamaran kerja.

Dengan itu, visa jangka panjang pun bisa diberikan oleh pihak berwenang untuk izin tinggal yang berlaku hingga 12 bulan lamanya, Tetapi sebelum itu, calon pekerja asing harus memiliki kemampuan bahasa Perancis setidaknya di level B2 dan telah memiliki lamaran kerja ke perusahaan yang telah diterima.

9. Jerman

Jerman yang negaranya terkenal dengan produk keju, olahan susu, dan anggur, adalah negara yang memiliki peran ekonomi dan politik penting di Eropa. Sama dengan negara lain yang berada di benua Eropa, Jerman adalah negara dengan 4 musim.

Seperti ketentuan bekerja di luar negeri lainnya untuk para pekerja asing, mereka harus setidaknya memiliki visa kerja dan izin tinggal. Selanjutnya warga negara asing bisa mencari lowongan pekerjaan di situs badan ketenagakerjaan seperti Stepstone, Indeed, Monster, atau langsung di website perusahaannya.

Adapun menurut Housing Anywhere, rekomendasi pekerjaan terbaik untuk warga negara asing di Jerman adalah IT engineer, teknik otomotif, listrik, mesin, telekomunikasi, rekayasa struktural, dan ilmu komputer.

10. China

Daftar negara terbaik untuk kerja yang terakhir adalah China, terletak di Asia Timur, China dikategorikan dengan  jumlah penduduk terbanyak di dunia. Mempunyai bahasa resmi Mandarin.

Artikel terkait : Belajar Bahasa Mandarin: Menggali Kekayaan Budaya dan Peluang Baru

Untuk bisa bekerja di luar negeri khususnya China, para warga negara asing perlu memiliki visa kerja dan izin tinggal terlebih dahulu. Selanjutnya para pekerja asing yang ingin mendapatkan pekerjaan di China bisa menggunakan kontak personal dengan perusahaan yang dituju. Kisaran gaji rata – rata pekerja asing yang bekerja di China adalah sekitar 20,000 RMB per bulan. Adapun rekomendasi industri yang paling diminati orang asing di China adalah pendidikan, perdagangan, teknologi informasi, pekerjaan manajerial, dan hotel dan pariwisata.

Itulah ulasan mengenai negera favorit mahasiswa yang telah lulus untuk melanjutkan karir.  Sebelum memutuskan untuk berangkat, pastikan semua syarat dan dokumen nya sudah lengkap dan terpenuhi. Mediamaz Work siap membantu Anda untuk melatih dan meningkatkan skill bahasa asing anda. Mulai dari pelatihan bahasa dengan program bootcamp dan juga adanya bimbingan untuk mendapatkan project sebagai translator profesional. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa Instagram Mediamaz Work ataupun Whatsapp disini.

Mediamaz Work adalah bagian dari Mediamaz Work dan telah berdiri sejak tahun 1998 di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara dan sudah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah.

Kualitas merupakan prioritas utama Kami dalam memberikan pelayanan jasa yang perusahaan Kami tawarkan. Sesuai dengan Sertifikasi ISO 9000 : 2015 yang merupakan dasar kontrol kualitas yang digunakan oleh perusahaan kami, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas layanan yang Kami berikan.

Selain itu Tim penerjemah kami tergabung dari beberapa organisasi besar, yakni Penerjemah Tersumpah, Penerjemah HPI, dan Penerjemah Freelance.

Profesional & Berpengalaman

Tim interpreter kami terdiri dari tim ahli bahasa yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam proyek terkait bahasa.

Akurat

Hasil terjemahan oleh tim interpreter kami dijamin 100% akurat dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Konsultasi Kapanpun

Sebelum melakukan pemesanan jadwal, Kamu bisa berkonsultasi dengan tim interpreter kami perihal kebutuhan acara.

Tanpa Biaya Tambahan

Kamu tidak perlu pusing lagi soal biaya, karena Kamu hanya perlu membayar jasa kami dan tidak perlu membayar biaya tambahan.

Menjadi Translator:

Hire Translator:

  • Outsourcing Translator & Interpreter
  • Headhunter Translator & Interpreter
  • Freelance Translator & Interpreter

Temukan 500+ Pekerjaan & Proyek Terjemahan:

  • Job Search Translator & Interpreter
  • Recruitment Translator & Interpreter
  • Consultant Translator & Interpreter
  • Join Our Translator & Interpreter Team
0/5 (0 Reviews)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top