Mediamaz Work

mediamaz work

Mediamaz Work

Member of Mediamaz Group

Cara dapet kerja di Jepang cukup besar bagi lulusan SMA. Anda bisa mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi meski tanpa keterampilan spesifik. Asal memiliki kompetensi baik dalam berbahasa, Anda bisa mengikuti seleksi sesuai syarat yang dapat dipenuhi.

Artikel terkait : Daftar Negara Yang Memberikan Lulusannya Peluang Kerja Terbaik Setelah Lulus!

Kendala yang sering terjadi baik bagi lulusan SMA sederajat maupun perguruan tinggi adalah minimnya akses informasi. Sehingga sering melewatkan kesempatan untuk bisa bekerja di Jepang. Ada banyak program yang terbuka hasil dari kerjasama antara pemerintah Jepang dan Indonesia. Jika Anda memiliki minat untuk bergabung sebagai tenaga kerja di Jepang, berikut ini adalah 2 cara efektif agar dapat kesempatan tersebut.

Cara dapet kerja di jepang yang pertama adalah dengan bergabung bersama lembaga terpercaya. Ada banyak lembaga pelatihan yang bersedia memberikan pendampingan bagi para lulusan sekolah maupun perguruan tinggi.

Artikel terkait : Kerja di Australia Banyak Benefit, Simak Ulasan Mengenai Syarat dan Peluang

Informasi mengenai lembaga dan alamat terdekat di kota Anda bisa dicari dari internet. Penting untuk memastikan bahwa lembaga yang Anda pilih kredibel. Cirinya dapat dilihat dari profil lengkapnya. Pastikan alamat website valid dan menampilkan informasi relevan. Umumnya terdapat juga informasi lengkap mengenai kesempatan kerja di Jepang. Kemudian penjelasan syarat dan tata cara melamar.

Artikel terkait : Alasan Bahasa Mandarin Penting Dalam Dunia Kerja

Kesempatan cara dapet kerja di Jepang makin terbuka lebar, sebab lembaga pendidikan akan terus mengupdate informasi pembukaan lowongan dari berbagai perusahaan asal Jepang. Akan ada banyak posisi terbuka bagi para lulusan dari Indonesia.

Agar tidak terlewat informasinya, Anda harus mengupdate sumber-sumber valid dari media internet. Media ini paling cepat dalam menyebarkan segala macam informasi termasuk juga kesempatan bekerja di Jepang

Dalam mencari tahu info lowongan karir ada banyak sumber yang bisa Anda coba telusuri. Berikut beberapa di antara sumber lowongan atau kesempatan tersebut.

1. Situs rekrutmen

Tempat pertama untuk mencari informasi kesempatan kerja di Jepang adalah melalui situs rekrutmen. Situs seperti ini umumnya memuat semua lowongan baik lokal maupun luar negeri.

Artikel terkait : 5+ Contoh Surat Lamaran Kerja Sesuai Pekerjaan yang Dilamar

Supaya pencarian lebih spesifik, gunakan filter sesuai posisi, gaji serta lokasi yang diinginkan. Anda akan lebih mudah mendapatkan informasi valid dengan menggunakan fitur tersebut.

2. Situs Dinas Ketenagakerjaan

Informasi kesempatan kerja di Jepang dari situs ini dipastikan valid. Anda bisa mengaksesnya kapan saja agar tidak ketinggalan update terbaru. Situs Dinas ketenagakerjaan menyediakan juga informasi mengenai syarat pengajuan visa kerja yang dibutuhkan sesuai lowongan.

3. Situs Perusahaan

Mengakses langsung situs perusahaan tujuan memberikan banyak keuntungan. Salah satunya adalah memperkecil kompetisi. Sebab orang yang mengakses situs seperti ini tidak sebanyak situs rekrutmen.

Artikel terkait : Cara Buat CV yang Menarik Auto Dapet Kerja!

4. Mencari rekomendasi dari sekolah atau kampus

Ini juga merupakan salah satu sarana paling efektif mendapatkan kesempatan berkarir luar negeri. Bahkan tidak sedikit sekolah atau kampus yang menjalin kerjasama dengan lembaga pelatihan untuk memberikan pembekalan langsung.

Artikel terkait : Cara Buat CV yang Menarik Auto Dapet Kerja!

5. Bursa kerja

Selain media-media online, Anda juga bisa mendapatkan informasi dari bursa kerja. Ikuti bursa kerja terdekat di kota Anda untuk mendapatkan berbagai informasi karir termasuk lowongan pekerjaan di Jepang.Saat ini semua informasi lebih mudah didapatkan. Baik media online maupun offline dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan kesempatan kerja di Jepang.

Ada beragam alasan mengapa sebagian orang memilih bekerja di Jepang. Supaya Anda tak makin penasaran, berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Peluang Karir yang Menjanjikan

Salah satu alasan utama orang-orang memilih Jepang sebagai tempat bekerja, yakni peluang karir yang menjanjikan. Jepang memiliki beberapa perusahaan global terkemuka di berbagai industri, seperti otomotif, teknologi, dan manufaktur. Jepang juga menawarkan banyak peluang untuk pertumbuhan karier yang pesat. Baik itu dalam bidang teknik, bisnis, atau riset ilmiah.

2. Gaji yang Besar dan Kompetitif

Faktor penting lainnya yang membuat para pencari kerja memilih Jepang, karena gaji yang kompetitif. Pekerja di Jepang biasanya mendapatkan upah yang cukup tinggi. Selain itu, banyak perusahaan Jepang menawarkan insentif tambahan, seperti bonus tahunan dan tunjangan perumahan.

3. Kualitas Hidup yang Tinggi

Jepang terkenal dengan tingkat kualitas hidup yang tinggi. Negara ini memiliki sistem perawatan kesehatan yang canggih, pendidikan berkualitas, dan keamanan yang sangat baik. Berkat adanya infrastruktur kota modern dan transportasi publik yang efisien, orang-orang merasa nyaman tinggal dan bekerja di Jepang.

4. Kemajuan Teknologi dan Inovasi

Tidak hanya terkenal karena teknologi canggihnya, Jepang juga memiliki budaya dan inovasi yang tinggi. Kerja ke Jepang memberikan akses kepada setiap individu untuk terlibat dalam pengembangan teknologi terbaru. Hal ini juga menjadi alasan utama para profesional dalam bidang teknologi informasi, robotika, dan ilmu pengetahuan, memilih Jepang sebagai tempat untuk berkarir.

5. Kesempatan Belajar Bahasa Jepang

Bekerja di Jepang adalah kesempatan untuk belajar bahasa Jepang. Bahasa Jepang menjadi salah satu bahasa yang paling diminati, terutama dalam bisnis, seni, dan budaya. Memiliki kemampuan berbahasa Jepang yang baik, menjadi aset berharga untuk mengembangkan karir. Tak sedikit perusahaan yang menawarkan kursus bahasa Jepang kepada pekerja asing.

6. Kekayaan Budaya dan Tradisi

Jepang adalah negara dengan kekayaan budaya dan tradisi yang tinggi. Banyak orang datang ke Jepang untuk mengeksplorasi warisan budayanya yang unik. Seperti seni bela diri, perayaan festival, dan tata cara minum teh.

7. Pendidikan yang Berkualitas

Selain peluang karir, Jepang juga terkenal karena pendidikannya. Negara ini memiliki beberapa universitas terkemuka di dunia yang menawarkan berbagai program studi. Bagi para profesional yang ingin mengembangkan keterampilan atau meraih gelar lanjutan, Jepang menjadi tempat pilihan tepat.

8. Pengalaman Hidup yang Berharga

Bekerja di luar negeri, terutama di negara seberang seperti Jepang, dapat memberikan pengalaman hidup yang tak ternilai. Hal ini adalah kesempatan untuk menjalani kehidupan yang berbeda. Pengalaman ini tidak hanya mengembangkan karir saji. Akan tetapi juga memperluas pandangan tentang dunia dan memungkinkan pertumbuhan pribadi yang lebih baik.

Artikel terkait : 5 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

Jika tertarik ikut program kerja di Jepang, anda perlu memenuhi syarat-syarat berikut:

Persyaratan Khusus

  • Pria atau wanita
  • Batas usia lulusan SMK Teknis: 18-26 tahun saat tes seleksi.
  • Batas usia untuk SMA:19 tahun 6 bulan sampai 26 tahun saat tes seleksi.
  • Tidak berkaca mata/kontak lens dan tidak buta warna (total/parsial)
  • Tidak bertato atau bekas tato
  • Tidak bertindik atau bekas tindik

Syarat Administrasi

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga
  • Kartu Kuning (AK1)
  • Akte Kelahiran
  • Sertifikat latihan kerja:
    • Lulusan teknik: minimal 160 jam pelajaran
    • Lulusan non teknik: pengalaman kerja minimal 6 bulan di bidang teknik
  • Ijazah / Pendidikan
  • Surat ijin orang tua/wali/istri
  • Surat bermaterai yang menyatakan belum pernah ikut magang di Jepang
  • Pas Foto
  • Surat Rekomendasi dari Kepala Desa / Lurah
  • Foto keluarga beresolusi tinggi dengan latar belakang rumah peserta
  • Surat Pengantar dari Dinas Kab/Kota yang membidangi Ketenagakerjaan daerah asal peserta

Setiap pekerjaan pasti memiliki risiko, begitu juga dengan magang. Berikut beberapa risiko magang di Jepang yang wajib kamu pertimbangkan:

  • Biaya hidup yang tinggi di berbagai sektor, terlebih dikota-kota besar.
  • Prosedur pengajuan untuk mendapatkan visa kerja sangat rumit.
  • Sulit menguasai budaya dan bahasa Jepang, sehingga kamu pun mengalami kesulitan dalam mengatasi perbedaan budaya dengan Indonesia.
  • Perbedaan budaya juga memberikan tantangan dalam menyesuaikan diri dengan sistem dan lingkungan kerja.

Artikel terkait : Apa itu mindset? Jenis dan Juga Contoh nya Dalam Dunia Kerja

Nah, itulah informasi mengenai cara dapet kerja di Jepang, bagaimana peluang karir nya kedepan dan juga syarat apa saja yang harus anda penuhi. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa follow Instagram Mediamaz Work dan hubungi tim kami via Whatsapp disini.

Mediamaz Work adalah bagian dari Mediamaz Work dan telah berdiri sejak tahun 1998 di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara dan sudah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah.

Kualitas merupakan prioritas utama Kami dalam memberikan pelayanan jasa yang perusahaan Kami tawarkan. Sesuai dengan Sertifikasi ISO 9000 : 2015 yang merupakan dasar kontrol kualitas yang digunakan oleh perusahaan kami, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas layanan yang Kami berikan.

Selain itu Tim penerjemah kami tergabung dari beberapa organisasi besar, yakni Penerjemah Tersumpah, Penerjemah HPI, dan Penerjemah Freelance.

Profesional & Berpengalaman

Tim interpreter kami terdiri dari tim ahli bahasa yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam proyek terkait bahasa.

Akurat

Hasil terjemahan oleh tim interpreter kami dijamin 100% akurat dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Konsultasi Kapanpun

Sebelum melakukan pemesanan jadwal, Kamu bisa berkonsultasi dengan tim interpreter kami perihal kebutuhan acara.

Tanpa Biaya Tambahan

Kamu tidak perlu pusing lagi soal biaya, karena Kamu hanya perlu membayar jasa kami dan tidak perlu membayar biaya tambahan.

Menjadi Translator:

Hire Translator:

  • Outsourcing Translator & Interpreter
  • Headhunter Translator & Interpreter
  • Freelance Translator & Interpreter

Temukan 500+ Pekerjaan & Proyek Terjemahan:

  • Job Search Translator & Interpreter
  • Recruitment Translator & Interpreter
  • Consultant Translator & Interpreter
  • Join Our Translator & Interpreter Team
0/5 (0 Reviews)
Scroll to Top