Mediamaz Work

mediamaz work

Mediamaz Work

Member of Mediamaz Group

apa itu perusahaan jasa

Apa Itu Perusahaan Jasa dan Contoh nya Yang Ada di Indonesia

Dalam dunia bisnis sudah tidak asing lagi saat mendengar tentang perusahaan jasa. Banyak masyarakat yang membutuhkan jasa dari sebuah perusahaan jasa dalam kegiatan sehari-hari. Hubungan saling mempengaruhi antara perusahaan dan masyarakat berada dalam sisi yang saling membutuhkan. Unsur paling penting dalam perusahaan jasa adalah sistem pelayanan pada perusahaan jasa untuk pelanggan mereka. Umumnya, bentuk pekerjaan yang perusahaan jasa kerjakan tidak dapat berupa fisik atau tidak ada wujudnya. Namun dari sanalah kepercayaan seorang pelanggan menjadi esensial bagi perusahaan penyedia jasa. Dari sana juga hubungan jangka panjang yang menguntungkan kedua belah pihak antara penyedia jasa dan pelanggan tercipta.
 

Menurut Study Finance, Perusahaan jasa tidak menjual produk yang dapat kamu sentuh secara fisik seperti yang dapat kamu lakukan dengan pengecer atau pedagang. Perusahaan jasa menjual layanan mereka kepada klien dan biasanya membebankan biaya per jam untuk layanan yang diberikan. Hal ini berlaku untuk agen perjalanan, misalnya, agen perjalanan membebankan biaya layanan untuk klien mereka saat melakukan pemesanan atas nama mereka. Agen perjalanan menjual waktu mereka kepada klien dan dengan demikian menagih mereka untuk waktu yang dihabiskan untuk membuat pemesanan.

Artikel terkait : Tips Wawancara Untuk Kerja di Luar Negeri, Siapkan Dari Sekarang!

Singkatnya, perusahaan jasa adalah usaha yang memiliki model bisnis dengan barang produksi yang tidak berwujud yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan dari hal tersebut. Persusahaan membuat barang produksi tersebut unutk memenuhi kebutuhan seorang pelanggannya. Berikut ini beberapa contoh  dari perusahaan jasa yang tersebar di Indonesia, simak penjelasannya dibawah ini!

Perusahaan jasa merupakan sebuah perusahaan yang didirikan seseorang atau sekelompok orang yang aktivitas utama bisnisnya bergerak dalam bidang pelayanan jasa atau menjual jasa. Dalam mencapai keberhasilan dari sebuah informasi yang cepat dan akurat, sistem informasi yang baik dapat membantu sebuah perusahaan jasa.  Pasalnya dengan sistem informasi yang baik, sebuah perusahaan dapat lebih unggul dalam persaingan dengan perusahaan sejenisnya.  Ada beberapa contoh perusahaan jasa di Indonesia yaitu:

1. Jasa Transportasi

Perusahaan jasa yang pertama adalah perusahaan jasa transportasi. Perusahaan jasa transportasi ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Hanya saja perbedaan sistem dan teknologi yang tersedia. Dari jasa offline menjadi via online seperti, saat ini ojek pangkalan merambah ke dalam dunia digital yang mana pelanggan bisa memesan jasa via aplikasi atau online. Sudah banyak jasa transportasi yang mengalami digitalisasi selain ojek, mobil hingga tiket perjalanan laut dan  penerbangan bisa dilakukan via online. Umumnya, jasa akan mengenakan tarif berdasarkan jarak tempuh, waktu tempuh, jenis transportasi, dan layanan yang di dapatkan. Beberapa perusahaan transportasi online bahkan bekerjasama dengan perusahaan asuransi untuk melindungi penggunanya. Contoh, PT. Garuda Indonesia (pesawat), PT. Kereta Api Indonesia (kereta api dan PT. Trans Jakarta (Bus Trans).

2. Jasa Keuangan

Berikutnya, perusahaan jasa dalam bidang keuangan. Perusahaan jasa ini sudah sangat familiar dan ada di sekitar masyarakat Indonesia. Untuk gerai fisiknya, Anda bisa menjumpai perusahaan perbankan yang sudah memiliki banyak sekali kantor cabang dan unit di setiap daerah. Bidang keuangan juga turut terpengaruh pada perkembangan teknologi, yaitu dengan munculnya perusahaan jasa keuangan baru seperti dompet digital atau e-wallet. Memberikan layanan untuk  pembayaran transaksi, mengirim dan menerima uang, pembayaran tagihan, hingga biaya pendidikan. Contoh, e-wallet seperti DANA, OVO, dan Shopeepay sedangkan perbankan seperti Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan lain-lain.

3. Jasa Perjalanan

Berikutnya jasa perjalanan, agen travel dan biro perjalanan wisata keduanya menyediakan jasa di bidang yang sama, yaitu pariwisata. Umumnya, agen perjalanan akan menyediakan dua jenis produk wisata, yaitu paket wisata yang sudah disusun oleh agen perjalanan atau menerima request khusus dari wisatawan. Paket wisata tersebut menjadi perantara antara wisatawan dengan produk wisata lainnya, seperti penginapan dan tiket masuk tempat wisata. Terkadang penyedia jasa menawarkan promo atau paket tertentu bagi pelanggannya. Beberapa Agen perjalanan biasanya juga menyediakan jasa pemandu wisata dan fotografer yang bisa dipilih oleh wisatawan. Selain perjalanan wisata, agen travel juga bisa menyediakan perjalanan dinas atau bahkan umroh. Contoh, Dwidaya Tour, Pesona Indonesia, Iwata Tour and Travel dan lain-lain.

4. Jasa Logistik

Ketika Anda berbelanja secara online, penjual mengirim barang pesanan kamu menggunakan ekspedisi logistik. Begitupun ketika kamu ingin mengirim suatu barang ke keluarga atau teman, kamu bisa menggunakan jasa ekspedisi. Ada beberapa ekspedisi yang sudah lama berdiri dan cukup terkenal. Biasanya, biaya pengiriman dihitung berdasarkan dimensi paket dan layanan yang kamu pilih. Sesuai dengan pilihan yang kamu inginkan menggunakan layanan regular yang biasanya memakan waktu 3-5 hari, atau layanan kilat yang hanya membutuhkan waktu 1-2 hari. Contoh, JNE, POS Indonesia, J&T. dan SiCepat.

5. Jasa Kesehatan

Berikutnya dalam bidang medis dan kesehatan. Jasa ini sangat penting dan semua orang selalu membutuhkan. Contoh layanan yang pada jasa ini adalah konsultasi kesehatan, terapi, perawatan kesehatan, bidan, dan lainnya yang biasanya pelanggan akan mendapat fasilitasi oleh fasilitas kesehatan. Layanan kesehatan saat ini juga sudah bisa kamu dapatkan secara online. Ada beberapa penyedia aplikasi kesehatan yang memungkinkanmu untuk berkonsultasi dengan dokter hingga melakukan diagnosis penyakit. Contoh, Alodokter, Halodoc dan Klikdokter.

6. Jasa Pendidikan

Kegiatan belajar mengajar kini bisa Anda lakukan dimana saja bukan hanya di sekolah formal. Saat ini kamu juga bisa mendapatkan pembelajaran dan pelatihan di lembaga pelatihan, tempat kursus, atau bimbel lainnya. Saat ini sudah banyak bermunculan penyedia bimbingan belajar dan pelatihan skill secara online. Kamu bisa membeli paket tertentu, kemudian bisa menonton video pembelajaran dan pelatihannya. Biasanya, tersedia juga ujian online dan sertifikat setelah kamu lulus. Contoh, Ruangguru, Zenius, dan Quiper.

7.  Jasa Asuransi

Banyak sekali perusahaan asuransi terkenal berada dibawah kendali pemerintah maupun swasta. Menawarkan jasa perlindungan bagi kecelakaan, perawatan rumah sakit, atau kematian. Kamu perlu membayar iuran asuransi setiap bulan atau setiap tahun untuk memperoleh layanan asuransi. Saat ini, produk asuransi juga bisa kamu akses secara online. Contoh, BPJS, PT Prudential Life Assurance,  PT Capital Life Indonesia, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia dan lain-lain.

Artikel terkait : Jenis Kerja Part Time di Korea Selatan yang Cocok untuk Mahasiswa

Mungkin ada beberapa produk jasa yang biasa kamu gunakan sehari hari. siapa saja termasuk kamu bisa membuka bisnis jasa.  Apabila kamu yang ingin mengembangkan bisnis di luar negeri atau bahkan ingin bisnis di Indonesia, pastikan agar menyiapkan dokumen yang diperlukan terutama jika ingin melebarkan bisnis ke luar negeri. Dalam menyiapkan keperluan menerjemahkan dokumen dan legalisasi.

Mediamaz Work menyediakan layanan headhunter penerjemah, layanan outsourcing penerjemah, solusi perekrutan, konsultan SDM, pencarian kerja dan program pelatihan bahasa untuk penerjemah.

Membentuk badan hukum di bawah PT. Mediamaz Solusindo Nusantara. Mediamaz Work akan memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan yang Anda butuhkan, juga proses seleksi nya cepat dan mudah.

Bagi anda yang masih bingung soal dunia bisnis Anda bisa dengan mudah mendapatkan informasi melalui laman sosial media Mediamaz Work.

Tentang Mediamaz Work

Mediamaz Work adalah bagian dari Mediamaz Work dan telah berdiri sejak tahun 1998 di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara dan sudah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah.

Kualitas merupakan prioritas utama Kami dalam memberikan pelayanan jasa yang perusahaan Kami tawarkan. Sesuai dengan Sertifikasi ISO 9000 : 2015 yang merupakan dasar kontrol kualitas yang digunakan oleh perusahaan kami, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas layanan yang Kami berikan.

Selain itu Tim penerjemah kami tergabung dari beberapa organisasi besar, yakni Penerjemah Tersumpah, Penerjemah HPI, dan Penerjemah Freelance.

Profesional & Berpengalaman

Tim interpreter kami terdiri dari tim ahli bahasa yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam proyek terkait bahasa.

Akurat

Hasil terjemahan oleh tim interpreter kami dijamin 100% akurat dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Konsultasi Kapanpun

Sebelum melakukan pemesanan jadwal, Kamu bisa berkonsultasi dengan tim interpreter kami perihal kebutuhan acara.

Tanpa Biaya Tambahan

Kamu tidak perlu pusing lagi soal biaya, karena Kamu hanya perlu membayar jasa kami dan tidak perlu membayar biaya tambahan.

Menjadi Translator:

Hire Translator:

  • Outsourcing Translator & Interpreter
  • Headhunter Translator & Interpreter
  • Freelance Translator & Interpreter

Temukan 500+ Pekerjaan & Proyek Terjemahan:

  • Job Search Translator & Interpreter
  • Recruitment Translator & Interpreter
  • Consultant Translator & Interpreter
  • Join Our Translator & Interpreter Team
0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top