Mediamaz Work

mediamaz work

Mediamaz Work

Member of Mediamaz Group

apa itu people development

Mengenal Apa Itu People Development? Tujuan, Contoh dan Manfaatnya

Apa itu People Development? istilah ini merupakan istilah yang sangat familiar di dunia HR. Proses people development adalah bagian penting dari perusahaan karena jika dilakukan dengan benar, akan memiliki manfaat jangka panjang terhadap karyawan.

Artikel terkait : Daftar Negara Yang Memberikan Lulusannya Peluang Kerja Terbaik Setelah Lulus!

Melalui artikel Insight Talenta kali ini, akan dibahas mengenai apa itu people development, tujuan, serta fungsinya di dalam perusahaan. Untuk itu, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Sebuah perusahaan dapat dikatakan sukses bukan dilihat dari produk atau layanan apa yang mereka tawarkan ke konsumen. Ia dapat dikatakan sukses melihat bagaimana ia dapat mengelola orang-orang yang bekerja di dalamnya.

Ketika perusahaan memiliki fokus untuk mengembangkan karyawannya, maka secara tidak langsung ia akan meningkatkan begitu banyak hal mencakup kemampuan, kinerja, hingga loyalitas karyawan. Maka dari itu pengertian sendiri people development merupakan suatu upaya dari perusahaan untuk meningkatkan kinerja serta produktivitas karyawan.

Untuk mencapainya, perusahaan dapat melakukan berbagai cara misalnya melalui penilaian kinerja, pelatihan, hingga penentuan KPI untuk masing-masing karyawan. Dengan upaya-upaya tersebut, kinerja serta kemampuan karyawan dapat meningkat sedikit demi sedikit hingga mereka menjadi karyawna yang kompeten.

Hasilnya, performa perusahaan pun juga dapat ikut berkembang dan bisa tumbuh dengan pesat. Dapat diartikan bahwa people development merupakan program jangka panjang yang perlu dipupuk dan dimonitor secara hati-hati. Selain itu, adanya people development dapat meningkatkan engagement karyawan sehingga mereka menjadi karyawan yang semakin loyal ke perusahaan.

Artikel terkait : Cara Dapat Kerja di Jepang Buat Lulusan SMA Mulai Syarat, Prospek Kerja Hingga Resiko

Sekiranya, ada 4 ruang lingkup people development. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Motivasi

Hadirnya people development yang terencana dengan matang dapat memotivasi karyawan agar mereka bisa meningkatkan potensi dirinya.

Pengelolaan kinerja

Kinerja Karyawan harus dipantau sedemikian rupa agar dapat berjalan efektif. Maka dari itu perusahaan perlu mengelola kinerja karyawan dengan baik.

Pelatihan kerja

Perusahaan perlu memberikan kesempatan sebesar-besarnya pada karyawan agar mereka dapat mengembangkan kemampuan sesuai dengan bidang yang mereka jalani. Pelatihan yang diberikan akan menyesuaikan apa yang menjadi kebutuhan karyawan. Nanti setelah pelatihan, akan ada evaluasi kinerja karyawan untuk melihat sejauh mana perkembangan mereka.

Inovasi

Ketika mengembangkan karyawan, perusahaan juga dapat menciptakan inovasi yang dapat membantu efisiensi dalam program pengembangan tersebut.

Artikel terkait : Tips Untuk Membangun Budaya Perusahaan dengan Efektif

Supaya people development dapat berjalan dengan baik, ada beberapa cara untuk meningkatkannya, Berikut di antaranya: 

People Development Mampu Menganalisis Ketimpangan Kemampuan

Analisis ketimpangan kemampuan atau skill gap analysis merupakan usaha yang dapat dilakukan perusahaan untuk melihat bagaimana kemampuan karyawan saat ini sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau belum.

Ini menjadi penting agar karyawan memiliki skill yang memang dibutuhkan sesuai dengan perencanaan perusahaan. Selain itu, usaha ini juga dapat menilai apa yang menjadi kekurangan karyawan dan bagaimana mengatasinya.

Pelatihan Secara Profesional serta Mentoring

Banyak manajer yang karena satu dan lain hal kurang proaktif dalam memberikan pelatihan serta mentoring pada bawahannya. Padahal hal ini sangat penting. Bagaimana pun juga, bawahan mereka butuh dibimbing agar mereka dapat belajar, daripada sekadar menyuruh apa yang harus mereka lakukan.

Artikel terkait : Kerja di Australia Banyak Benefit, Simak Ulasan Mengenai Syarat dan Peluang

Selain melalui mentoring, perusahaan juga dapat memberikan karyawan pelatihan formal yang dapat diadakan oleh profesional. Misalnya lewat seminar, akses gratis terhadap situs-situs e-learning, hingga training. Nantinya, keterampilan mereka akan berkembang seiring berjalannya waktu.

Lakukan Pengembangan Soft Skill

Selain keterampilan bekerja, soft skill juga merupakan aspek yang tidak kalah penting. Banyak soft skill yang dapat dikembangkan karyawan seperti misalnya cara berkomunikasi, pengendalian emosi, hingga skill kepemimpinan. Jika hal ini telah dilakukan dengan baik, komunikasi serta kerja sama antara individu di dalam perusahaan juga akan semakin baik.

People Development Menuntut Kolaborasi Lintas Divisi

Perusahaan perlu membuka kesempatan adanya kolaborasi antara divisi karena kesuksesan suatu perusahaan tidak hanya dilihat dari satu divisi saja. Maka dari itu, mereka harus memperhatikan performa serta kompetensi semua divisi agar tidak ada kesenjangan yang terjadi. Jangan sampai satu divisi ada yang memiliki performa yang bagus, sementara divisi lain ada yang memiliki kompetensi di bawah rata-rata. Jika ini dapat tercipta, maka semua akan saling melengkapi satu sama lain.

Pemberian Feedback yang Memotivasi dan Membangun

Kinerja karyawan tidak selalu terus berada di atas. Menurunnya kinerja mereka adalah hal yang sangat wajar karena lagi-lagi mereka adalah manusia. Jadi, ada baiknya jika perusahaan melakukan performance review yang baik sehingga bersama-sama dapat menganalisis kinerja karyawan yang menurun tersebut.

Membangun Loyalitas dan Kepercayaan Karyawan dengan Perusahaan

Transparansi, keterbukaan, serta kejujuran perusahaan adalah hal yang diinginkan oleh semua karyawan. Transparansi tersebut harus ditunjukkan dalam budaya perusahaan mulai dari perusahaan itu sendiri hingga ke para pemimpinnya.

Artikel terkait : Pengertian CSR Adalah, Tujuan, Hingga Manfaat nya Untuk Perusahaan

Seorang pemimpin yang baik harus mau membagi proses bekerja yang ia lakukan kepada bawahannya dan membuat mereka merasa dilibatkan. Karyawan yang dilibatkan cenderung akan merasa bahwa upaya mereka dihargai. Karyawan yang merasa dihargai di dalam sebuah perusahaan dan menganggap diri mereka adalah bagian penting, mereka cenderung akan lebih loyal terhadap perusahaan. Jadi dapat dikatakan bahwa people development merupakan proses menyeluruh di mana harus melibatkan semua aspek dalam perusahaan.

Yuk, tunggu apalagi segera daftarkan diri anda untuk bergabung bersama program bootcamp translator kami.  Untuk informasi lebih lanjut anda bisa follow Instagram Mediamaz Work dan hubungi tim kami via Whatsapp disini.

Mediamaz Work adalah bagian dari Mediamaz Work dan telah berdiri sejak tahun 1998 di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara dan sudah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah.

Kualitas merupakan prioritas utama Kami dalam memberikan pelayanan jasa yang perusahaan Kami tawarkan. Sesuai dengan Sertifikasi ISO 9000 : 2015 yang merupakan dasar kontrol kualitas yang digunakan oleh perusahaan kami, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas layanan yang Kami berikan.

Selain itu Tim penerjemah kami tergabung dari beberapa organisasi besar, yakni Penerjemah Tersumpah, Penerjemah HPI, dan Penerjemah Freelance.

Profesional & Berpengalaman

Tim interpreter kami terdiri dari tim ahli bahasa yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam proyek terkait bahasa.

Akurat

Hasil terjemahan oleh tim interpreter kami dijamin 100% akurat dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Konsultasi Kapanpun

Sebelum melakukan pemesanan jadwal, Kamu bisa berkonsultasi dengan tim interpreter kami perihal kebutuhan acara.

Tanpa Biaya Tambahan

Kamu tidak perlu pusing lagi soal biaya, karena Kamu hanya perlu membayar jasa kami dan tidak perlu membayar biaya tambahan.

Menjadi Translator:

Hire Translator:

  • Outsourcing Translator & Interpreter
  • Headhunter Translator & Interpreter
  • Freelance Translator & Interpreter

Temukan 500+ Pekerjaan & Proyek Terjemahan:

  • Job Search Translator & Interpreter
  • Recruitment Translator & Interpreter
  • Consultant Translator & Interpreter
  • Join Our Translator & Interpreter Team
0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top