Mediamaz Work

mediamaz work

Mediamaz Work

Member of Mediamaz Group

Dalam dunia ilmu bahasa, terdapat profesi yang sangat erat kaitannya dengan bahasa asing yaitu ahli bahasa atau penerjemah. Nah, penerjemah juga terbagi menjadi dua jenis yaitu translator dan interpreter. Masih banyak yang menganggap bahwa penerjemah sama dengan interpreter. Padahal sebenarnya sangat berbeda peran dan tugasnya, bahkan juga membutuhkan spesifik keahlian yang berbeda. Di bawah ini ulasan tentang profesi interpreter dari definisi, tugas, gaji, dan fungsinya. Simak ya!

Artikel terkait : Cara Menjadi Translator Dengan Program Bootcamp

Interpreter adalah salah satu profesi yang berperan menerjemahkan bahasa secara lisan tanpa ditulis. Seorang interpreter dikenal sebagai juru bahasa yang tidak perlu menulis terjemahan, namun menyampaikan hasil interpretasinya langsung secara lisan.

Artikel terkait : Begini Caranya Pilih Penerjemah Bahasa Mandarin Tersumpah

Interpreter dituntut untuk fokus pada makna dari pilihan kata yang digunakan. Selain menerjemahkan isi pembicaraan, interpreter dituntut untuk mencari tahu tema pembicaraan hingga profil peserta sebelum bertugas. Nah, apakah anda termasuk orang yang melek budaya dan berwawasan luas? Mungkin profesi interpreter cocok untuk kamu tekuni.

Setelah anda menjadi seorang translator profesional, anda bisa memanfaatkan benefit nya sebagai berikut :
1. Jasa freelance translator
Jasa penerjemahan dokumen bahasa asing yang berkualitas dan dikerjakan oleh penerjemah profesional/tersumpah, berpengalaman dan terpercaya. Layanan jasa freelance translator ini cocok untuk kamu yang membutuhkan bantuan dalam menerjemahkan berbagai macam dokumen, baik untuk keperluan akademik maupun pekerjaan dan bisnis.
2. Jasa Freelance Interpreter
Sebuah jasa penerjemah lisan sangat dibutuhkan untuk membantu menerjemahkan suatu bahasa ke bahasa yang lain secara lisan. Namun, bukan sembarang orang yang melaksanakan tugas tersebut. Setidaknya mereka memiliki beberapa kemampuan atau keahlian seperti:
  • Kemampuan komunikasi
  • Penguasaan bahasa asing
  • Penguasaan diksi/pilihan kata
  • Kemampuan berpikir logis
  • Kemampuan berpikir terstruktur
  • Karakter cepat/gesit dan segera

Beberapa tugas intepreter adalah sebagai berikut:

  • Menerjemahkan bahasa sumber ke target bahasa secara langsung atau lisan
  • Menyampaikan apa yang telah disampaikan pembicara ke dalam bahasa sasaran tanpa menambah atau mengurangi maksud pembicara secara langsung
  • Mencatat dan mencari tahu tema pembicaraan hingga profil peserta.

Dengan semakin berkembangnya globalisasi, menuntut semua orang dapat fasih berbicara bahasa asing.  Pekerjaan sebagai interpreter tidak ada jenjang karirnya secara khusus, berbekal jam terbang yang tinggi juga banyaknya pengalaman, maka cakupan acara maupun peluang yang melibatkan Anda sebagai interpreter juga semakin besar.

1. Interpreter di Bidang Diplomatik

Apabila Anda pernah menyaksikan berita pertemuan PBB di televisi, di sana sering kali terlihat juru bahasa memakai headphone. Di situlah interpreter bidang diplomatik bekerja menginterpretasikan percakapan dari banyak orang yang berbicara bahasa yang berbeda-beda. Interpreter diplomatik juga sangat dibutuhkan di tempat lain, seperti pertemuan antar kepala negara atau konfersi. Peran mereka diperlukan pula untuk menjadi penafsir di pertemuan multinasional lainnya, bisa terkait dengan bisnis atau profesional.

2. Interpreter di Bidang Bisnis

Di bidang bisnis, interpreter biasanya bertugas membantu pengusaha bernegosiasi dengan klien atau calon investor yang berbicara dalam bahasa berbeda. Tak hanya pengusaha, interpreter tak jarang dibutuhkan pula oleh manajer untuk berkomunikasi dengan karyawan asing yang belum atau tidak bisa berbahasa Indonesia. Beberapa interpreter menyediakan layanan yang memfasilitasi pelanggan berbasis telepon untuk penutur bahasa lain.

3. Interpreter Perjalanan

Prospek kerja sebagai interpreter perjalanan hampir mirip seperti pekerjaan seorang travel guide atau pemandu wisata. Akan tetapi, interpreter perjalanan bekerja untuk mendampingi orang asing yang berkunjung ke Indonesia atau sebaliknya. Menjadi interpreter perjalanan cukup menarik karena Anda bisa jalan-jalan gratis ke berbagai tujuan wisata.

Artikel terkait : Yuk Ikut Pelatihan Kerja Penerjemah di Mediamaz

Untuk menjadi seorang interpreter profesional, anda harus memiliki beberapa skill salah satunya adalah:

1. Keahlian Komunikasi dan Media

Seorang interpreter harus punya keahlian dalam berkomunikasi dengan baik dan profesional. Mereka juga paham tentang media produksi, serta teknik dan metode penyebaran dari suatu pengetahuan. Interpreter juga mesti tahu cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur lewat tulisan, lisan, maupun media visual.

2. Fasih Berbahasa Inggris

Meski harus ahli pada suatu bahasa tertentu, seorang interpreter juga perlu punya keterampilan mumpuni dalam bahasa Inggris. Bahasa yang wajib dikuasai.

Di antaranya mengerti mengenai struktur dan isi dari bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan setiap kata, aturan komposisi, serta tata bahasa.

3. Keahlian Bahasa Asing

Berikutnya, interpreter tentu wajib punya pengetahuan mengenai struktur dan konten dari bahasa asing lain. Interpreter setidaknya menguasai lebih dari satu bahasa. Termasuk di antaranya ialah arti dan pengejaan kata, aturan komposisi, tata bahasa, serta pelafalan.

4. Pengetahuan Tentang Hukum dan Pemerintahan

Mengapa keahlian berupa pengetahuan tentang hukum dan pemerintahan penting untuk dimiliki seorang interpreter? Ini karena seorang interpreter sering kali bersinggungan dengan dunia politik, hukum, dan pemerintahan. Apalagi jika mereka harus menjadi interpreter yang mendampingi perwakilan politik dari suatu negara yang datang ke Indonesia, atau orang asing yang melanggar hukum di tanah air.

Artikel terkait : Terapkan Tips Ini Buat Dapetin Project Freelance Pemula

Dalam hal ini, interpreter mesti paham mengenai aturan hukum, prosedur pengadilan, preseden, regulasi pemerintah, perintah ekskutif, aturan lembaga, dan proses politik yang demokratis.

Nah, itulah informasi mengenai profesi interpreter. apakah anda tertarik memulai karir sebagai seorang interpreter? anda bisa mulai dengan mengikuti program bootcamp translator dan interpreter dari Mediamaz Work. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa follow Instagram Mediamaz Work dan hubungi tim kami via Whatsapp disini. 

Mediamaz Work adalah bagian dari Mediamaz Work dan telah berdiri sejak tahun 1998 di bawah PT Mediamaz Solusindo Nusantara dan sudah melayani berbagai jenis klien lebih dari 20 tahun. Dengan pengalaman dan konsistensi Kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada klien, sampai saat ini Kami dipercaya dan diakui sebagai penyedia jasa penerjemah tersumpah.

Kualitas merupakan prioritas utama Kami dalam memberikan pelayanan jasa yang perusahaan Kami tawarkan. Sesuai dengan Sertifikasi ISO 9000 : 2015 yang merupakan dasar kontrol kualitas yang digunakan oleh perusahaan kami, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas layanan yang Kami berikan.

Selain itu Tim penerjemah kami tergabung dari beberapa organisasi besar, yakni Penerjemah Tersumpah, Penerjemah HPI, dan Penerjemah Freelance.

Profesional & Berpengalaman

Tim interpreter kami terdiri dari tim ahli bahasa yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam proyek terkait bahasa.

Akurat

Hasil terjemahan oleh tim interpreter kami dijamin 100% akurat dan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Konsultasi Kapanpun

Sebelum melakukan pemesanan jadwal, Kamu bisa berkonsultasi dengan tim interpreter kami perihal kebutuhan acara.

Tanpa Biaya Tambahan

Kamu tidak perlu pusing lagi soal biaya, karena Kamu hanya perlu membayar jasa kami dan tidak perlu membayar biaya tambahan.

Menjadi Translator:

Hire Translator:

  • Outsourcing Translator & Interpreter
  • Headhunter Translator & Interpreter
  • Freelance Translator & Interpreter

Temukan 500+ Pekerjaan & Proyek Terjemahan:

  • Job Search Translator & Interpreter
  • Recruitment Translator & Interpreter
  • Consultant Translator & Interpreter
  • Join Our Translator & Interpreter Team
0/5 (0 Reviews)
Scroll to Top